Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Wednesday, February 17, 2010

Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC

Kompetisi Website Kompas MuDA-KFC
Tema : “Bangga Indonesia”

“Bangga” atau Bangga Indonesia?
By. Daniel Hermawan

MuDAers pasti gak asing lagi dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki negeri qta, Indonesia tercinta. Sebut saja, punya beragam budaya, suku bangsa, kekayaan alam yang melimpah, dan kawan-kawannya. Suatu kali, gue nanyain sohib deket gue tentang bangganya jadi orang Indonesia. Jawaban doi bikin hati gue miris, tapi emang ada benernya juga sih.

“Gue bangga jadi orang Indonesia soalnya gue bisa buang sampah sembarangan tanpa didenda. Secara di luar negeri dendanya gede banget gitu lho. Terus enaknya tuh di Indonesia bisa nerobos rambu lalu lintas tanpa ditilang, bisa meludah di mana aja, n banyak keuntungannya deh pokoknya. Intinya gue betah deh tinggal di Indonesia.” terang doi panjang lebar. Well, ternyata banyak hal negatif yang bikin doi “bangga” Indonesia.

Seringkali qta juga bisa nyerocos panjang lebar sampai kering waktu ditanya apa kelebihan Indonesia. “Indonesia itu lho punya ini ini dan itu. Pokoknya banyak deh. Can’t explain satu persatu.” But rasanya koq qta jadi orang yang munafik banget waktu orang laen liat n ngomong. “Hah, ga salah tuh omongan loe? Indonesia koq blablabla... banyak sampah, dan macam-macam “pujian” lainnya.” Qta juga turut menyumbang “sanjungan” ini dengan budaya negatip qta sendiri yang gak bisa ilang kayak buang sampah seenaknya. Boro-boro bikin bangga Indonesia malah bikin muka Indonesia malu gak ketulungan sampai gak berani nunjukkin diri di mata dunia. Padahal Indonesia cakep lho. Naon sih?

That’s the point. Banyak hukum Indonesia tuh gak jelas juntrungnya. Yang ada bikin sikon tambah ancur. Gak percaya. Liat aja kasus Bank Century yang gak beres-beres sampai sekarang atau pelanggaran lalin (lalu lintas) yang nelan korban jiwa. Ditambah lagi mental orang Indonesia yang ndeso n plin plan, termasuk gue juga koq. Kalo ada yang ribut, semua ikut ribut. Kayak kemaren 100 hari pemerintahan SBY-Boediono, rame-rame demo ke gedung DPRD sampai banyak fasilitas umum rusak. Apa itu bikin Bumi Pertiwi qta bangga? Gak banget kan.

Sebenernya banyak banget lho hal yang bisa qta lakuin buat bikin Indonesia bangga. Gak usah mikir jauh-jauh kayak bikin Indonesia jadi negara terkaya di dunia. That’s no use. Cukup dengan qta lakuin apa yang jadi bagian qta sebenernya qta juga udah bikin Indonesia proud. For example, kayak berprestasi di kancah internasional or bikin perubahan di lingkungan. Make a revolution juga gak harus pakai demo-demo dan pidato segala. Cukup dengan mulai ngolah sampah sendiri n gak ngerusak lingkungan bakal bikin perubahan. Apalagi kalo itu dicontoh orang laen, wuih pasti qta bangga sama diri qta yang jadi pantuan orla (orang laen).

Kalo qta udah tahu apa aja titik lemah yang dimiliki Indonesia, qta juga bisa bikin bangga Indo. Our task is simple. Make the better act than before. Gak perlu nunggu orang laen dulu buat take action. Qta bisa mulai dari diri sendiri koq. Misalnya, qta sering buang sampah ke kali. Sampe-sampe daerah qta kena banjir. Ngomongin banjir, kebetulan kemaren rumah gue jadi incaran banjir Cileuncang gara-gara banyak sampah mampetin saluran pembuangan. Kan bete banget ya. Udah mah banyak kuman penyakit masuk, juga bikin berabe kerjaan qta.

Nah, apa yang udah qta lakuin buat lingkungan sekarang bakal qta terima balasannya nanti. So, bukan custom yang baik buat ngelakuin seenaknya ke lingkungan. Next, qta juga harus ngebiasain patuh tanpa diliat. Jangan kalo ada polisi aja pada tunduk sampe-sampe lampu ijo lupa jalan, tapi kalo gak ada langsung tancap gas pas lampu merah. Very awful banget kan? Qta bukan anak kecil yang harus diawasin sama ortu dan orla buat lakuin apa yang baik. Justru jati diri qta bakal keliatan waktu gak ada seorangpun yang liat perbuatan qta. Kalo qta bisa seiya sekata sama perbuatan kita yang patuh hukum, dijamin Indonesia bakal robah dalam waktu dekat.

Last but not least, bangga buat lestariin budaya Indonesia. Emang sih qta suka ngerasa koq jadul banget harus pake batik ato maen angklung. Ihh, males banget maen Karawitan. Eits, emang tugas qta buat bikin budaya Indonesia lestari abadi sampai tujuh turunan. Harusnya qta malu dong liat bule cantiq di Bali dengan bangganya jalan pakai batik or kesenian bangsa qta. Kalo qta aja yang sang pemilik n tuan rumahnya malu, apa kata dunia?

Now everything is in your hand. Setiap qta berhak nentuin mau lakuin apa buat Indonesia. Mau bikin tambah ancur atau bangga, that’s ur choice. Bangsa yang besar pastinya dibentuk dari qta-qta yang care banget sama negeri ini. So, siapa yang mo bikin Indonesia bangga?

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment