Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Tuesday, February 23, 2010

Meng-upgrade Eee PC

WMy Eee PC, My Life Blog Competition
Kategori Fans Eee PC

Meng-upgrade Eee PC
By. Daniel Hermawan

Ternyata salah satu keunggulan yang dimiliki Eee PC tercinta adalah bisa di-upgrade. Nah, berikut saya sajikan data yang saya kutip dari Majalah CHIP seputar upgrade Eee PC. Semoga bisa membantu para pengguna Eee PC.

1. Menghubungkan ke External Drive
Untuk mengganti sistem operasi Linux ke Windows XP Home Edition, Anda harus menghubungkan Eee PC ke external drive. Setelah memasukkan CD Windows XP dan menyalakan Eee PC, instalasi Windows akan berjalan secara otomatis.

2. Menginstall Windows XP
Sekitar 40 menit kemudian, instalasi Windows XP selesai. Driver untuk chipset, graphic, dan WLAN masih belum terinstal. Anda dapat menyelesaikannya dengan menjalankan DVD yang disertakan ASUS dalam paket penjualan.

3. Mengatur Konfigurasi Sistem
Titik krusial dari ASUS Eee PC terletak pada resolusi layar yang berukuran 800 X 480 pixel. Hal ini menyebabkan beberapa dialog box berada di luar layar. Di sini, diperlukan kecermatan – gunakan tombol Tab dan Enter untuk navigasinya.

4. Menggandakan Kapasitas Hard Disk
Eee PC hanya memiliki hard disk sebesar 4 GB. Internal storage ini dapat ditambah dengan memasukkan SD Card berkapasitas 4 GB ke slot di bagian samping. Eee PC sudah mendukung High-Capacity SD-Card (SD-HC) sampai dengan 16 GB.

5. Membuka Penutup Bawah
Komponen dalam sub-notebook Eee PC dapat diakses dengan cukup mudah. Untuk itu, Anda hanya perlu membuka dua buah sekrup di bagian bawah. Perhatian! Merusak segel penutup sekrup akan menghilangkan hak garansi.

6. Melepas Memori RAM Lama
Dengan RAM 512 MB, kerja Windows XP kurang begitu mulus. Untuk meng-upgrade RAM menjadi 1 GB, modul RAM harus diganti. Untuk melepas RAM tersebut, kedua kait pengunci di kedua sisinya harus ditekan ke luar. Modul RAM akan segera terlepas dari dudukannya.

7. Memasang Memori RAM Baru
Saat memasang memori SODIMM 1 GB yang baru, perhatikan agar kait di slot dan celah di modul memori bertemu pada titik yang sama. Sisipkan modul memori yang baru ke dalam slot dan tekan memori ke bawah sampai benar-benar terkunci.

8. Memasang Bluetooth
Eee PC juga telah menyediakan sebuah slot Mini-PCIExpress. Namun pada slot ini, belum terpasang modul Bluetooth. Solusinya, kita dapat menggunakan sebuah Bluetooth-dongle yang dihubungkan melalui port USB.

That’s all. Semoga tips di atas dapat membantu user Eee PC dalam memaksimalkan penggunaan Eee PC-nya. Selamat mencoba!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment