Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Sunday, February 28, 2010

Djarum Black Blog Competition Volume 2

Djarum Black Blog Competition Volume 2
By. Daniel Hermawan

Be Creative and Competitive

Two thumbs up untuk Djarum Black yang tak pernah absen mengadakan kompetisi kreatif di Indonesia. Salah satu event kreatif yang diadakan Djarum Black adalah Djarum Black Blog Competition Volume 2. Pertama kali saya melihat info Djarum Black Blog Competition Volume 2, saya langsung tertarik untuk mengikuti kompetisi ini. Why? Kompetisi ini merupakan kompetisi blog yang unik dan memiliki latar belakang yang sangat pas dengan perkembangan jaman.

Bangsa Indonesia membutuhkan generasi yang ekspresif, kreatif, peduli, dan generasi yang berani mengungkapkan gagasan lewat tulisan. Lewat kompetisi ini, setidaknya blogger Indonesia sudah turut serta menjadi generasi yang open minded. Selama ini, image orang Indonesia yang dikenal orang asing adalah bangsa yang terlalu tertutup dan berpikiran sempit.

Tak heran kaum penjajah memanfaatkan kelemahan ini untuk menjajah Indonesia. Toh, orang Indonesia sekalipun dijajah tetap tunduk dan tidak berani menyuarakan pendapat mereka. Setelah Ir. Soekarno berkiprah dalam proklamasi Indonesia, akhirnya bangsa kita mulai membuka pikiran seluas-luasnya. Pendidikan, politik, dan media menjadi sarana yang membantu menyuarakan aspirasi kita.

Seiring dengan perkembangan zaman, kebebasan pers dan mengungkapkan pendapat semakin digelorakan. Apalagi didukung dengan perkembangan teknologi yang signifikan dari tahun ke tahun, mulai dari komputer, internet, hingga Facebook. Tren ini merambah pada blogging, aktivitas menulis yang dilakukan di dunia maya. Tentu dengan adanya kemudahan ini, banyak orang akhirnya out of box dan speak up their opinion to everyone.

Blogging sudah menjadi lifestyle yang tak terpisahkan di abad ke-21 ini. Setiap orang ingin memberikan aspirasi dan opininya terhadap suatu hal. Berbagai forum blogger pun bermunculan untuk menyatupadukan blogger-blogger di Indonesia. Djarum Black pun tak ketinggalan mengadakan Autoblackthrough untuk membantu blogger menyuarakan pendapatnya. Event volume ke 2 ini merupakan hasil dari respon positif peserta Djarum Black volume 1.

Saya menyambut positif Djarum Black Blog Competition Volume 2 ini. Indonesia membutuhkan figur pemimpin yang berani speak up dan memberikan sumbangsih berupa pemikiran dan ide untuk memajukan Indonesia. Tidak dapat dibayangkan jika setiap orang memilih diam dan membiarkan Indonesia berjalan tanpa arah yang pasti, Indonesia dapat kembali ke masa penjajahan. Pendapat adalah kebebasan seorang manusia. Manusia tanpa opini adalah manusia robot yang bisa dikontrol siapapun.

I think everyone can make a revolution. Bagaimana caranya? Speak up your opinion to public. Mungkin tidak semua orang suka pendapatmu, but kamu sudah selangkah lebih maju buat jadi kader penerus bangsa. Ketika kamu bisa memberi pendapatmu bagi bangsa dan negara tercinta, kamu sudah membuat perubahan kecil, minimal untuk dirimu sendiri. Kamu bisa menghargai pendapatmu dan menjadi manusia yang utuh.

Djarum Black Blog Competition Volume 2 tinggal tersisa beberapa hari lagi. Apakah kamu mau jadi generasi jadul ataukah generasi emas bangsa? Generasi yang berani bersuara buat mengungkapkan ide cemerlang kamu. Temukan jawaban itu dalam hati kamu. Bangsa yang besar dilahirkan dari orang-orang yang berani berpendapat bagi kemajuan bangsanya.

***
Black Innovation Awards Mencari Inovator Unggul

Berbicara tentang inovasi tentu tidak terlepas dari kreativitas seseorang. Orang yang kreatif tentu dapat memanfaatkan benda-benda yang dianggap tidak berharga bagi sebagian besar orang, menjadi barang yang memiliki nilai jual. Konsep inilah yang mendasari ajang kompetisi yang dilakukan Djarum Black, yaitu Black Innovation Awards. Dalam kompetisi ini, peserta dituntut untuk memberdayakan benda yang sudah ada menjadi benda yang baru. Inovasi dan daya keterampilan peserta sangat dituntut dalam kompetisi ini.

Saya melihat karya-karya peserta dari Black Innovation Awards ini. Jujur saya salut dengan peserta yang mampu melihat suatu benda dari kacamata berbeda. Misalnya, tas ransel. Bagi saya, tas ransel berfungsi untuk membawa barang saja. Tidak lebih dari itu. Saya masih ingat salah satu peserta Black Innovation Awards volume 1 menginovasikan tas ransel menjadi pengaman ketika berkendara di motor. Cara penggunaan yang mudah dan praktis membuat nilai guna benda ini sangat baik untuk dipasarkan di masyarakat.

Saya cuma melongo waktu melihat hasil karya peserta lainnya yang tak kalah menarik. “Kok bisa ya?” Mungkin hanya kalimat itulah yang terlontar dari bibir saya. Bayangkan ada orang yang dengan hebatnya memikirkan hal yang sudah ada menjadi baru. Jika saja kompetisi ini diterapkan negara kita untuk memecahkan krisis energi, saya yakin banyak solusi yang ditawarkan dan akan membantu pemerintah untuk mencari jalan keluar permasalahan ini.

Black Innovation Awards mungkin hanyalah kompetisi temporer yang diselenggarakan Djarum Black. Namun, kompetisi ini setidaknya menunjukkan bahwa orang Indonesia juga mampu berkarya dan menciptakan sesuatu yang baru. Selama ini, bangsa lain yang selalu digembar-gemborkan mampu menciptakan sesuatu yang baru. Inilah saatnya membuktikan eksistensi kita bahwa orang Indonesia juga inovator yang handal.

Kalau kamu punya otak yang brilian dan kreatif dalam menemukan fungsi baru dari sebuah benda, kamu dapat bergabung dengan Black Innovation Awards untuk menyalurkan potensimu. Jangan biarkan kreativitasmu terbuang sia-sia. Indonesia membutuhkan orang-orang handal yang mau memajukan Indonesia dengan karyanya. Bukan mustahil kelak kader-kader penerus Indonesia mampu membawa Indonesia menjadi negara maju dengan inovasi yang mereka temukan. So, berkreasilah sebebas mungkin di ajang Black Innovation Awards!

***
Be Smart With Black In News

Saya tertarik dengan e-Magazine yang diproduksi Djarum Black. Isinya yang inovatif, kreatif, dan modern sangat cocok untuk mengisi hari-hari saya dengan hal positif. Black In News mungkin majalah yang sangat jarang terdengar di telinga kita semua. Majalah ini dapat dilihat dengan meng-klik http://www.autoblackthrough.com/blackinnews/. Saya pribadi melihat jarang ada majalah modern dengan konsep minimalis seperti Black In News.

Black In News merupakan salah satu terobosan yang dilakukan Djarum Black untuk menjaring pembaca di dunia maya. Saya yakin inovasi yang dilakukan Djarum Black sangat berhasil di masyarakat. Banyak orang yang berhasil mendapatkan pencerahan untuk menemukan inovasi baru setelah membaca Black In News. Karya-karya inovasi baru ditampilkan dalam blackinnovationawards berkat ide dari Black In News.

Di samping itu, saya sangat mendukung Black In News. Why? Konsep majalah online sangat disarankan dalam era modern ini. Apalagi global warming sedang gencar-gencarnya diberantas dengan penanaman pohon. Tentu majalah cetak yang ada sekarang sangat menghabiskan populasi pohon. Kertas yang diproduksi dari serat pohon juga membuat hutan kita gundul. Dengan e-Magazine seperti Black In News, hal ini bisa diatasi dengan baik.

So, kamu bisa membaca Black In News untuk mengisi waktu luangmu. Bacaan yang bermanfaat tentu akan membuat otak kita berkerja dengan lebih baik. Selamat memperkaya ilmu dengan Black In News!

***
Creative Campus

Black Innovation Awards goes to campus. Mendengar hal ini, saya benar-benar salut dengan Djarum Black. Djarum Black seakan mampu membaca arah pergerakan jaman. Mahasiswa adalah kader-kader pemimpin bangsa. Biasanya jiwa mahasiswa itu mudah penasaran dalam menemukan hal baru. Hal ini mungkin yang menjadi pertimbangan panitia blackinnovationawards dalam menjaring peserta baru.

Inovasi biasanya dilakukan oleh para pakar dan ahlinya. Kali ini, banyak inovator muda yang berasal dari kalangan mahasiswa terlibat dalam kegiatan ini. Tentu hal ini harus diterapkan penyelenggara lomba lainnya. Negara maju tentunya mampu mewariskan ilmu bagi generasi penerusnya. Dengan adanya Black Innovation Awards, mahasiswa akan lebih giat lagi untuk berkreasi.

Saya berharap kelak kampus kreatif dapat tercipta dengan adanya kompetisi ini. Bukan mustahil pula banyak inovator muda dilahirkan dari bangku kuliah. Dengan media dan arahan yang tepat, kelak inovator-inovator baru akan dilahirkan. So, mahasiswa Indonesia berkreasilah!

***
Speak Up From Campus

Suarakan pendapatmu! Mungkin inilah yang diusung Auto Black Through goes to campus. Kampus adalah media yang tepat dalam membentuk kepribadian seorang mahasiswa menjadi dewasa. Tentu banyak mahasiswa yang mulai berani berpendapat dan mencetuskan ide-idenya bagi komunitas kampus. Potensi inilah yang harus diasah sejak dini oleh penghuni kampus.

Auto Black Through adalah kompetisi yang tepat untuk menyalurkan aksi dan suara kita bagi negeri. Dengan berpendapat, kita dapat membagikan ide-ide cemerlang kita bagi orang lain. Seperti kontes yang saat ini diikuti, banyak masukan yang dapat diberikan bagi penyelenggara acara. Demikian pula jika kita berani menyampaikan gagasan pada negeri akan menjadi sumbangsih yang besar bagi negeri tercinta.

Kampus akan melahirkan generasi baru yang kaya akan ide dengan adanya Auto Black Through. Mahasiswa juga akan melek teknologi dengan aktivitas blogging dengan mengikuti kompetisi ini. So, apakah kalian mahasiswa idaman bangsa? Jika ya, bergabunglah dengan Auto Black Through goes to campus!

***
Black Community

Komunitas adalah sarana untuk mengekspresikan hobi dan diri kita. Black Car Community, Black Motor Community, dan Black Community adalah ketiga contohnya. Djarum Black membentuk komunitas untuk memfasilitasi para penggemar mobil dan motor dalam satu wadah. Tentu dengan adanya komunitas ini terdapat solidaritas dan tali silaturahmi yang kuat antar penggemar mobil dan motor.

Saya salut dengan Djarum yang mengadakan komunitas ini dengan berbagai aktivitas menarik. Sebut saja, tour dan wisata bersama dengan komunitas, perlombaan, dan temu bersama para pecinta otomotif. Djarum Black mengajak kita untuk menjadi generasi yang bersatu padu dalam memajukan bangsa. Sangat jarang rasanya komunitas yang mempunyai visi dan misi seperti komunitas bentukan Djarum Black ini.

Djarum Black mau mensponsori kegiatan yang dilakukan komunitas otomotif. Tentu hal ini patut diacungkan jempol. Banyak komunitas yang akhirnya bubar karena kendala dana. Djarum Black mampu mereduksi kemungkinan ini dengan menyiapkan sokongan dana yang jumlahnya tidak sedikit. I give ten point for Djarum Black.

Black Community mungkin terlihat seperti komunitas biasa. Namun, siapa sangka banyak orang-orang kreatif, sportif, dan dinamis yang bergabung di dalamnya. Dengan bergabung bersama Black Community, kita akan memperkaya diri dengan ilmu baru. Komunitas yang baik tentu akan membentuk diri kita menjadi lebih baik pula. Black Community siap menerima kamu dengan tangan terbuka.

***
Slalom and Lifestyle

Slalom waktu malam? Djarum Black Night Slalomlah jawabannya. Dengan porsi latihan yang ideal dan kompetisi yang seru, Djarum Black Night Slalom menjadi event yang paling ditunggu pecinta Slalom. Slalom tentunya membutuhkan kecekatan dan kelincahan pengemudinya.

Berbagai tikungan tentunya menjadi pemacu adrenalin bagi para Slalomers. Tantangan yang memacu jantung tentu menjadi sensasi tersendiri dan gaya hidup baru bagi komunitas ini. Apalagi jika dilakukan waktu malam, tentu pengalaman yang tidak terlupakan. Djarum Black juga memfasilitas aspek keselamatan bagi para Slalomers. Buat kamu yang ingin terlibat dalam Djarum Black Night Slalom, buruan daftar!

***
Slimz Your Style

Djarum Black Slimz dan Djarum Black Slimznation merupakan dua hal yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Djarum Black Slimz memberikan kenikmatan bagi para penggemar Djarum Black. Sementara, Djarum Black Slimznation menunjukkan jati diri sang pemakai. Kedua hal ini memberikan nuansa bagi citra perokok di Indonesia. So, slimz your style smokers!

***
Motodify is My Life

Modifikasi adalah kreativitas laki-laki yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan. Gabungan dari berbagai spare part dan onderdil ini mempercantik tampilan kendaraan kita. Tak heran jika harga jual kendaraan modifikasi lebih mahal dari kendaraan baru sekalipun. Djarum Black Motodify merupakan wadah yang tepat untuk orang yang gemar mengotak-atik mesin kendaraan.

Banyak hal yang dapat kita simpulkan dari para motodifyer, yaitu:
1. Mereka kreatif
2. Mereka inovatif
3. Mereka dinamis
4. Mereka teliti
5. Mereka smart

Dibutuhkan 5 hal di atas untuk menjadi pemodifikasi kendaraan. Jiwa kreatif, inovatif, dan dinamis tentu menjadi syarat mutlak bagi para modifikator. Tak ketinggalan mereka juga harus teliti dan smart dalam menyusun komponen yang dibutuhkan kendaraan mereka. Dalam hal ini, modifikasi motor yang kreatif akan menjadi pemenangnya.

So, buat kamu yang senang otak-atik motor kamu jadi trend abad ke-22, Djarum Black Motodifyer siap menampung kreasi kamu. Siapkah kamu bertemu dengan maestro motodifyer lainnya?

***
Cool and Fresh

Djarum Black Menthol menawarkan kesegaran baru bagi para smokers. Menthol yang terkandung didalamnya memberi sensasi dingin tersendiri bagi penggunanya. Tak heran banyak smokers yang ingin mencoba Djarum Black Menthol untuk menciptakan dunia yang lebih cool and fresh.

***
Creative is Must

Nah, bagaimana cara menumbuhkan jiwa kreatif dalam diri kita? Di jaman yang serba modern dan menuntut kecepatan, kreativitas wajib dimiliki setiap orang. Blackinnovationawards dan Autoblackthrough telah membuka sarana untuk menjadi kreatif. So, klik http://blackinnovationawards.com/ dan http://www.autoblackthrough.com/ untuk membuktikan seberapa kreatif dirimu!

***
Inovator Muda

Banyak orang mengatakan hanya orang ber-IQ tinggilah yang mampu menciptakan sesuatu. Apakah itu salah? Tidak. Apakah itu benar? Tidak juga. Inovator diciptakan dari kreativitas dan usaha seseorang, bukan secara intelegensia saja. Hal inilah yang dibuktikan Black Innovation Awards dan Auto Black Through yang goes to campus untuk mencari talent baru yang bisa menciptakan inovasi produk baru bagi negara ini. Inovator muda mampu diciptakan dari anak-anak muda seperti kita. Is that right? Yes, 100% right absolutly.

***
Djarum Black is Back

Setelah satu tahun lalu menyelenggarakan berbagai kegiatan kreatif, seperti Black Innovation Awards dan Auto Black Through, kini Djarum Black kembali menggelar kompetisi bergengsi ini dengan label volume 2. Tentu hal ini sangat membanggakan bagi para blogger dan inovator muda. Why? Mereka bisa membuktikan kemampuan mereka dalam ajang yang diselenggarakan Djarum Black ini. Semoga event yang berlangsung singkat ini dapat kita manfaatkan untuk memajukan bangsa dan negara tercinta. Amin.

***
Blogging is New Lifestyle

Sejak perkembangan Internet di era globalisasi ini, berbagai tren baru seputar dunia maya bermunculan. Sebut saja, blogging, Facebook, tweet di Twitter, dan masih banyak aktivitas lainnya yang biasa kita lakukan di dunia maya. Blog merupakan media sosial yang ditawarkan beberapa provider, seperti Blogger, Multiply, Wordpress, dan lain sebagainya untuk mempublikasikan tulisan kita.

Seiring dengan perkembangan jaman, manusia selalu ingin mengungkapkan opininya. Saya melihat orang Indonesia pada awalnya adalah bangsa yang malu dalam berpendapat. Namun, kini bisa hampir semua orang Indonesia memiliki akun Facebook untuk menuliskan uneg-uneg mereka. Mereka menjadikan Facebook sebagai diary berjalan yang bisa dibaca dan diketahui orang lain. Hal ini menunjukkan manusia selalu ingin beropini, baik tua dan muda.

Berbagai kompetisi blog pun dilakukan beberapa penyelenggara, termasuk Auto Black Through yang diadakan Djarum Black ini. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, semua orang bebas mengungkapkan pendapat ke publik tanpa takut ancaman dari pihak manapun. Kita dilatih untuk mengeluarkan ide-ide dan kritik kita bagi bangsa dan negara tercinta.

Blogging is a new lifestyle. Semua orang ingin dihargai. Semua orang ingin bersuara. Bloglah media yang tepat untuk menyalurkannya. Tentu tidak tepat jika kita beropini dengan merusak fasilitas umum untuk dibaca orang lain. Bisa-bisa hotel prodeolah yang menanti untuk kita singgahi.

But, blogging nampaknya mulai ditinggalkan penghuninya. Tren Facebook menyedot perhatian blogger untuk mengupdate status atau sekedar menambah teman. Apakah itu salah? Tentu tidak. Namun dalam frekuensi yang melebihi ambang batas, tentu akan mengurangi produktifitas pemilik blog dalam blogging. Akhirnya, blogger menjadi mandul dalam menelurkan ide kreatifnya.

Saya berharap dengan adanya Auto Black Through yang memanfaatkan blog ini dapat menghidupkan tren blogging. Memang tidak mudah mengembalikan tren lama untuk diaplikasikan di masa kini. Semua harus dimulai dari kesadaran setiap pribadi. Your hand is your voice. Jangan biarkan aktivitas blogging punah dari dunia maya!

***
Djarum Black Zone

Di sini kalian bisa melihat mobil-mobil dari galeri Black Car Community. Enjoy!





***
Miracle of Human

Hidup penuh dengan keajaiban. Apakah kamu setuju? Let’s check. Kalau kamu lihat tubuh kita, pasti kamu bakal amaze sama yang namanya manusia. Manusia awalnya diciptakan dari kumpulan sel yang saling terkait satu sama lain. Awalnya manusia dibentuk dari pertemuan sel sperma dan telur, kemudian dari kumpulan sel yang membentuk jaringan, kumpulan jaringan yang membentuk organ, kumpulan organ yang membentuk sistem organ, dan finally sistem organ yang membentuk individu itulah proses perjalanan sebuah sel menjadi manusia.

But kenapa sekarang ada yang namanya bayi tabung, kloning, inseminasi buatan, dan berbagai teknologi pembuatan manusia? Kecanggihan teknologi merupakan jawaban utama pertanyaan tadi. Kalau kamu perhatikan awalnya teknologi di atas dipakai buat hal-hal yang baik. Inseminasi buatan contohnya. Teknologi secara biologi ini dipakai untuk menghasilkan keturunan bagi pasangan yang kurang subur. Tujuan yang sangat baik, bukan?

Seiring dengan pergeseran nilai sosial dan budaya, hal tersebut mulai digunakan secara tidak manusiawi. Manusia berlomba-lomba menciptakan makhluk dari kloning. Akhirnya bukan hasil yang baik didapatkan, bahkan sebaliknya. Keunikan dan keajaiban tubuh manusia menjadi suatu barang yang tidak istimewa lagi. Ok manusia berhasil membuat kembar identik yang akurasinya mencapai 90%. Namun, ada satu hal yang tidak akan pernah diciptakan manusia. Hal itu adalah hati, perasaan, dan emosi.

Manusia akan selalu menduduki peringkat sebagai makhluk yang paling sempurna, sampai kapanpun itu. Tak peduli akan adanya robot atau teknologi yang akan menggantikan fungsi manusia. Manusia memiliki akal budi untuk menentukkan suatu hal. Apa yang dianggap baik dan buruk untuk dilakukan. Berbeda dengan robot yang bertugas menjalankan perintah majikannya tanpa penolakan. Manusia juga memiliki hati dan perasaan untuk melihat keadaan manusia lainnya dan lingkungan sekitarnya.

Keajaiban seorang manusia akan berlaku sampai selama-lamanya. Tak peduli seberapa banyak teknologi yang akan tercipta dan mengungguli kekuatan manusia, manusia akan menjadi makhluk yang utama dalam kehidupan. So, gunakan otakmu untuk berpikir, hatimu untuk merasakan, tanganmu untuk menulis, kakimu untuk berjalan, dan matamu untuk melihat bahwa kamu mampu untuk memenangkan Auto Black Through dan Black Innovation Awards tahun ini. Selamat menikmati keajaiban hidup ini.

***
Between Two Choice

Hidup adalah pilihan. Is that right? Kita selalu memilih untuk menentukkan nasib hidup kita. Contohnya, memilih untuk mengikuti Black Innovation Awards atau tidak. Tidak memilih juga adalah sebuah pilihan. Pilihan membawa kita pada situasi yang kita ciptakan dari pilihan tersebut. Bisa jadi sedih, menyesal, bahagia, tertawa, dan berbagai situasi lainnya.

So, between two choice antara ikut dan tidak ikut event bergengsi ini ada di tangan kamu. Kamulah yang menentukkan apakah kamu layak disebut generasi masa depan ataukah tidak.

***
The Power of Purpose

Ketika saya mendapat info Djarum Blog Competition Vol 2 diselenggarakan, saya agak ragu untuk mengikutinya. Why? Syarat 20 artikel yang menurut saya sangat memberatkan, apalagi harus memuat keyword yang asing bagi saya. But, toh saya akhirnya ikut untuk membuktikan kalau karya saya juga layak untuk dibaca khalayak umum.

Kesibukan. Ya, hal itulah yang menghalangi saya dalam mengikuti kompetisi ini. Belum lagi lusa saya harus menghadapi ujian tengah semester yang sangat melelahkan, aktivitas blogging pun harus saya hentikan. But ini bukan alasan saya untuk mundur dari kompetisi ini. Finally, saya menulis 20 artikel ini dalam 1 hari (Sabtu, 27 Februari 2010) hingga pukul 02.00 WIB dini hari.

Why saya mau mengerjakan ini semua? That’s because the power of purpose. Saya sudah menguatkan niat saya untuk mengikuti kompetisi ini. Maka apapun yang terjadi, saya akan tetap ikut. Memang saya bukan blogger handal yang sudah memilki hi-tech dalam blognya, but saya adalah blogger yang mau menuangkan ide saya dalam kompetisi ini. Bagi saya, banyak blog lain kok yang lebih bagus. Apalagi setelah melihat daftar peserta blog yang sudah teregistrasi di http://www.autoblackthrough.com/blogcompetition/ yang beragam dan bagus, banyak yang berkata. Percuma saja ikutan kalau buat kalah.

Nah, banyak orang gagal karena faktor ini. Kita seringkali kehilangan motivasi ketika melihat orang lain lebih baik dari kita. Entah itu dari segi finansial, kepintaran, maupun sosial. “Sudahlah mungkin aku memang tidak bisa, toh memang segini kemampuanku.” Kalimat inilah yang membuat kita stuck dan berhenti di satu titik. Padahal mungkin saja kita bisa lebih baik dari orang lain, asalkan kita bisa membenahi diri. Apa saja yang menjadi kekurangan kita selama ini.

Tanamkan dalam hati bahwa kita orang yang bisa melakukan apapun. Asalkan kita punya purpose yang kuat, saya yakin kita mampu menjadi apapun, siapapun, dan kapanpun. So, bukan mustahil juga kalau kita dapat memenangkan Djarum Blog Competition Vol 2 ini di tengah ratusan pesaing.

***
Black Innovation Awards

Waktu melihat ulasan Black Innovation Awards Vol 1 Winner di layar kaca, saya terpaku. Rata-rata mereka masih berusia belia dan berstatus mahasiswa, namun mereka bisa menciptakan alat baru bagi perkembangan teknologi di Indonesia. Great!

Mereka masih muda, sama seperti kita pada umumnya. But kenapa mereka bisa menciptakan alat-alat canggih seperti itu? Kita sama seperti mereka, manusia yang memiliki otak untuk berpikir. Seharusnya kita juga mampu menciptakan alat yang berguna bagi hidup kita dan orang lain. Alasannya mudah. Kita terlalu malas untuk memanfaatkan otak.

Menurut penelitian, manusia hanya menggunakan 10% otaknya. Sisanya dibiarkan begitu saja tanpa diberdayakan. Sayang sekali, bukan? Manusia yang jenius dan para tokoh penemu dunia adalah orang-orang yang mampu memberdayakan otaknya dengan baik. Hal itu dilakukan dengan berpikir, mencari cara untuk memecahkan masalah, melakukan eksperimen, hingga akhirnya mereka menemukan alat yang bisa mengubah peradaban dunia.

So, selagi masih muda, mari kita manfaatkan potensi otak dengan sebaik-baiknya. Bukan mustahil kitalah yang menjadi the next Thomas Alfa Edison atau Albert Einstein. Black Innovation Awards adalah media untuk mewujudkan mimpi kalian. Berjuanglah menjadi yang terbaik di ajang ini!

***
Never Getting Down

Apa yang kita harapkan di dunia ini belum tentu tercapai. Seringkali kita meleset dari prediksi yang sudah kita rancang sebelumnya. Misalnya, tes Fisika hari ini harus dapat 80. Nyatanya soal itu susah dan akhirnya nilai merahlah yang kita dapatkan. Kesal? Pasti. Marah? Sudah pasti. Tapi itulah hidup. Penuh misteri dan kita hanya bisa menerima kenyataan yang ada dengan bijaksana.

Ketika kita berani mengikuti lomba ini, kita juga harus siap menerima resiko yang ditimbulkan. Bisa jadi kemenangan yang kita dapatkan, ataukah kekalahan yang harus kita telan. Semua bergantung pada usaha kita. Kita hanya bisa mengerjakan yang terbaik, selebihnya dewan juri yang menentukkan. Hidup Djarum Blog Competition Vol 2 dan Djarum Black!

***
Winner or Loser

Setiap pertandingan selalu ada yang menang dan ada yang kalah. Demikian pula dengan kompetisi yang saya ikuti ini. Saya harus mengalahkan ratusan peserta yang bertanding memperebutkan hadiah utama.

Jika kita menang, tentu kita merasa sangat senang. But, bagaimana dengan nasib peserta yang kalah? Mereka sudah susah payah memposting 20 artikel dengan keringat, darah, dan perjuangan mereka. Nyatanya dewan juri berkehendak : Maaf, Anda kalah. Sakit hati, jengkel, dan kecewa sudah pasti merasuki jiwa dan raga mereka.

Black Innovation Awards dan Auto Black Through pasti menghasilkan winner dan loser. Seburuk apapun hasil yang nanti akan kita dapatkan, kita harus menerimanya dengan lapang dada. Kekalahan memang menyakitkan, tapi kita bisa belajar banyak darinya. Belajar untuk sabar dan menerima kualitas orang lain lebih baik dari kita. Ikuti ajang pertarungan berikutnya dengan amunisi baru dan semangat baru untuk menjadi juara! Chayo!

***
List artikel yang dilombakan dalam Djarum Black Blog Competition Volume 2 :
1. Be Creative and Competitive
2. Black Innovation Awards Mencari Inovator Unggul
3. Be Smart With Black In News
4. Creative Campus
5. Speak Up From Campus
6. Black Community
7. Slalom and Lifestyle
8. Slimz Your Style
9. Motodify is My Life
10. Cool and Fresh
11. Creative is Must
12. Inovator Muda
13. Djarum Black is Back
14. Blogging is New Lifestyle
15. Djarum Black Zone
16. Miracle of Human
17. Between Two Choice
18. The Power of Purpose
19. Black Innovation Awards
20. Never Getting Down
21. Winner or Loser

***

No comments:

Post a Comment