Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Sunday, January 23, 2011

Bergaya Hidup Hijau Yuk!

Bergaya Hidup Hijau Yuk!

Akhir-akhir ini, dampak perubahan iklim yang dikenal dengan global warming semakin kita rasakan. Tinggi permukaan air laut yang terus meningkat karena pencairan es di Kutub Utara dan Selatan membuat beberapa pulau di dunia tenggelam. Suhu Bumi juga terus meningkat secara signifikan akibat fenomena efek rumah kaca yang ditimbulkan oleh gas karbondioksida. Lapisan ozon yang berlubang akibat banyaknya penggunaan Freon juga menyumbang terjadinya perubahan iklim di Bumi.

Global warming sendiri diakibatkan oleh pola hidup masyarakat yang tidak ramah lingkungan. Penebangan pohon secara liar, banyaknya kendaraan yang menyumbang emisi gas karbondioksida, penutupan ruang terbuka hijau (RTH) untuk pembangunan mal, dan lain sebagainya menjadi penyebab utama meningkatnya dampak global warming. Banyak bencana dan masalah yang ditimbulkan dari global warming, seperti banjir, kebakaran, peningkatan aktivitas vulkanik, dan lain sebagainya. Pada akhirnya, hal tersebut membawa malapetaka bagi kehidupan manusia di muka Bumi.

Sebagai remaja, tentu kita tidak bisa berdiam diri dalam menghadapi fenomena ini. Kita sebagai generasi penerus kehidupan di Bumi harus melakukan langkah aktif untuk meminimalisir dampak global warming. Salah satunya adalah dengan bergaya hidup hijau. Gaya hidup hijau adalah gaya hidup sehari-hari yang ramah lingkungan dan bisa memberikan kontribusi berarti bagi lingkungan yang ada di sekitar kita.

Sebagai contoh, kita bisa membiasakan diri untuk menggunakan sepeda ke sekolah. Di samping mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor, bersepeda juga menyehatkan bagi tubuh kita. Kita juga bisa mengurangi penggunaan plastik agar proses biodegradasi sampah yang dilakukan mikroba bisa dilakukan dengan lancar. Menggunakan produk yang dapat didaur ulang, rajin menanam tanaman dengan biji buah yang kita makan, membuang sampah pada tempatnya, dan lain sebagainya merupakan langkah konkret dari gaya hidup hijau yang kita lakukan.

Tentu bukan mustahil bagi kita untuk mengubah kota, negara, bahkan Bumi ini menjadi lebih hijau dari sebelumnya asalkan kita mau menjalankan gaya hidup hijau dari diri kita sendiri. Kelak langkah kita untuk memulai perubahan akan dicontoh orang lain menjadi kebiasaan yang baik dan tentunya mengurangi dampak global warming. Karena itu, yuk kita bergaya hidup hijau!

No comments:

Post a Comment