Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Thursday, January 21, 2016

Implementasi Eco-Mining Melalui Pendekatan Triple Helix



Kompetisi Menulis Sustainable Mining Bootcamp
Tema: “Tambang dan Pengelolaan Lingkungan”

Implementasi Eco-Mining Melalui Pendekatan Triple Helix
Sumber: www.antarafoto.com


Berbicara tentang aktivitas pertambangan, tentu tidak terlepas dengan adanya isu kelestarian lingkungan hidup yang ada di sekitarnya. Maka dari itu, dibutuhkan pendekatan triple helix dalam menciptakan eco-mining di Indonesia.
            
Perusahaan tambang seyogianya menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) ISO 14001 yang mengatur tentang pengelolaan lingkungan dalam aktivitas pertambangan. Selain itu, perusahaan juga harus melakukan CSR dan aktivitas pemberdayaan masyarakat setempat agar aktivitas lingkungan yang dilakukan dapat dikerjakan secara kolaboratif.
             
Pemerintah seyogianya menerapkan kebijakan yang mendukung perusahaan yang menerapkan prinsip eco-mining untuk beroperasi di Indonesia. Jangan sampai izin tambang diberikan pada perusahaan yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan pasca aktivitas pertambangan.
 
Akademisi dan masyarakat harus menjadi agen pengawas lingkungan dalam operasional aktivitas pertambangan. Jika perusahaan melakukan aktivitas tambang tanpa memperhatikan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan, akademisi dapat melaporkan pada pemerintah untuk mendapat tindakan lebih lanjut. Demikian pula ketika perusahaan menerapkan eco-mining secara tepat, masyarakat pun boleh merekomendasikan perusahaan tersebut untuk tetap beroperasi di Indonesia.
             
Mari kita implementasikan eco-mining secara nyata di Indonesia dengan pendekatan Triple Helix!

1 comment:

  1. >>> NO SCAM <<<

    Salam Hormat,

    Kami dari www.nagaqqseo.com secara pribadi ingin mengundang anda untuk berpartisipasi dalam lomba seo kontes atau kontes seo yang kami adakan.
    Total hadiah senilai Rp. 38.000.000,- dengan hadiah utamanya sebesar Rp. 15.000.000,-
    Ayo Segera daftarkan situs/blog dengan artikel terbaik anda ke www.nagaqqseo.com

    Info lebih lanjut : http://www.nagaqqseo.com
    Contact Us :
    ♠ BBM : 2B209F68
    ♦ LINE : Nagaqq
    ♥ YM : Nagaqq@yahoo.com
    ♣ Email : Nagaqqseo@gmail.com
    ♠ Live Chat : http://goo.gl/4WSpRm

    ReplyDelete