Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Saturday, August 13, 2016

Menghilang Dalam Garis Khatulistiwa

Lomba Blog Cinta Indonesia Airpaz.com
Tema: "Aku Cinta Indonesia"




Menghilang Dalam Garis Khatulistiwa

Sumber: www.indonesia-tourism.com

Berbicara tentang pesona alam Indonesia, tentu kita dapat menyebutkan berbagai tempat wisata alam favorit, seperti Raja Ampat dengan keindahan biota lautnya yang eksotis, Lombok dengan Gili Trawangan yang memukau, Manado dengan spot diving Bunaken yang terkenal, Belitung dengan batuan besar dan pantai putih yang indah, dan masih banyak lainnya. Belum lagi keindahan alam Indonesia lainnya yang belum tereksplorasi dengan baik di antara 13.466 pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
Sumber: www.davishunter.com

Bukan hanya keindahan alam yang identik dengan pantai, kekayaan biota laut, pegunungan, dan dataran hijau yang menyejukkan, Indonesia juga memiliki fenomena alam yang menakjubkan. Jika manusia selalu diikuti bayangannya selama berjalan atau berdiri di bawah sinar matahari, maka di Tugu Khatulistiwa Pontianak, kita akan berjalan atau berdiri seorang diri tanpa bayangan kita. Lho kok bisa?

             
Sebagai titik yang dilalui garis lintang 0 derajat, Tugu Khatulistiwa menjadi lokasi titik kulminasi matahari, di mana matahari tepat berada di atas Tugu Khatulistiwa. Tak heran jika bayangan kita pun akan menghilang karena matahari berada tepat sejajar dengan tubuh kita. Belum lagi panas matahari akan terasa sangat menyengat dan membakar karena posisi matahari benar-benar tepat di atas kepala kita. 
Sumber: wisatapontianak.com

Bukan hanya menikmati bayangan yang “menghilang”, kita juga bisa menelusuri garis khatulistiwa dan mendapatkan sertifikat “Piagam Perlintasan Khatulistiwa”. Pastinya seru sekali, bukan? Kita dapat berdiri di tengah-tengah garis Bumi yang membelah bagian Bumi utara dan selatan yang hanya dapat dirasakan hanya di 12 negara di seluruh dunia. Pastikan juga untuk tidak memakai pakaian berwarna gelap karena akan terasa sangat panas dan terbakar oleh sinar matahari.




Akomodasi
Sumber: pontinesia.tumblr.com

Akomodasi di Pontianak sangat bervariasi dan terjangkau. Ada losmen, wisma, guest house, hingga hotel berbintang yang dapat menjadi pilihan kita. Harganya berkisar antara Rp 100.000,00 hingga Rp 500.000,00. Pastikan untuk memilih penginapan di kota Pontianak agar dapat menikmati suasana kota dan berwisata kuliner cukup dengan berjalan kaki. Saat musim panen buah, harga buah durian, dukuh, rambutan, manggis, dan buah-buahan lainnya menjadi sangat murah dan terjangkau. Pastikan untuk menikmati kelezatan buah tropis di Pontianak yang nikmat dan menyegarkan. Hanya saja, pastikan untuk memakan durian di luar hotel karena hotel akan menerapkan denda yang besar bagi tamu yang mengonsumsi durian di dalam kamar.



Transportasi
Sumber: www.getborneo.com

Akses transportasi untuk menikmati Tugu Khatulistiwa dan beragam wisata yang ada di Pontianak sangatlah mudah. Kita dapat memilih beragam maskapai untuk menuju Bandara Pontinak (PNK), seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, Kalstar, dan maskapai lainnya. Sesampainya di Pontinak, kita dapat menyewa taksi atau kendaraan untuk mencapai hotel dan melakukan berbagai aktivitas wisata di Pontianak.




Melihat fenomena alam yang langka dan memukau seperti ini, rasanya kurang kalau tidak merasakan sendiri bagaimana rasanya “ditinggalkan” bayangan sendiri di Tugu Khatulistiwa. Mengingat Pontianak hanya dapat dijangkau dengan pesawat dari Jakarta atau Bandung, pastinya saya akan memilih tiket pesawat promo yang murah meriah dan terjangkau. Apalagi kalau dapat hadiah tiket pesawat PP gratis dari Airpaz.com. Pastinya bakal seru banget.

          
Seandainya rejeki nomplok tiket pesawat gratis dari Airpaz.com saya dapatkan, saya pasti  akan memilih penerbangan pagi dengan maskapai Lion Air. Selain bisa menikmati suasana langit yang jernih dari angkasa, saya juga bisa puas menikmati Pontianak secara utuh di hari pertama. Belum lagi harga tiket pesawatnya murah dan bikin kuota uang jajan bertambah buat beli oleh-oleh yang banyak buat keluarga di rumah. Benar-benar sip deh. Aku jadi makin cinta Indonesia dan tahu kalau “Wonderful Indonesia” itu memang benar adanya.

2 comments:

  1. Pastinya sangat menakjubkan melihat wisata ke berbagai daerah di Indonesia. :)

    ReplyDelete
  2. Tulisan menarik, terima kasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dan mendapatkan tiket gratis dari Airpaz ya :)

    ReplyDelete