Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Sunday, August 14, 2016

IURAN: Inovasi Urang Bandung



Kompetisi Menulis Blog #InovasiDaerahku
Tema: “Inovasi Daerahku”

IURAN: Inovasi Urang Bandung
Seorang pemimpin, entah itu presiden, gubernur, walikota, camat, lurah, atau ketua RT/RW seringkali dianggap sebagai superman atau superhero dalam menyelesaikan berbagai persoalan di daerah yang mereka pimpin. Ketika sebuah kebijakan atau program digulirkan, tak jarang ada kalangan masyarakat yang bersikap apatis dan pesimis terhadap output dari program tersebut. Padahal tidak semua kebijakan dan program yang dibuat mampu memuaskan semua pihak, kendati program tersebut dibuat dengan berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.
Kota Bandung dikenal sebagai kota kreatif yang melahirkan banyak gagasan kreatif dalam berbagai bidang. Sejak dikukuhkan sebagai kota desain dunia oleh UNESCO, Pemkot Bandung tidak lantas puas. Dengan program Inovasi Urang Bandung alias IURAN, Ridwan Kamil ingin mengajak semua lapisan masyarakat yang ada di Kota Bandung untuk terlibat dalam memecahkan persoalan di Kota Bandung tercinta.
             
Semangat program IURAN ini didasari pada kesadaran Pemkot Bandung bahwa masyarakat pun mempunyai gagasan kreatif yang bisa diaplikasikan untuk kebaikan dan kemajuan Kota Bandung. Tidak hanya sekadar menjadi penonton atas berbagai program Pemkot Bandung, tetapi juga mampu menjadi inisiator dari sebuah aksi perubahan yang berdampak besar bagi kehidupan masyarakat di Kota Bandung. 
Sebagai imbalannya, masyarakat yang idenya berhasil diaplikasikan Pemkot Bandung akan diberikan insentif sebagai apresiasi atas wujud kepedulian dan keterlibatan akan kemajuan Kota Bandung. Tentu inovasi daerah dalam bentuk program IURAN ini patut diacungi jempol karena mampu membangkitkan sense of belonging atau rasa memiliki Kota Bandung dari masyarakat Bandung itu sendiri.
             
Masih segar di ingatan saya, slogan “Bandung Lautan Runtah” sempat mencuat karena banyaknya sampah yang dibuang sembarangan di pinggir jalan. Akibatnya, image Kota Bandung sebagai Kota Kembang dan Paris van Java pun sempat disangsikan karena ketidakmampuan Pemkot Bandung dalam membersihkan sampah yang ada di Kota Bandung. Tentu melalui program IURAN, masyarakat tidak hanya menjadi tim sorak yang mempertanyakan di mana tanggung jawab pemerintah, melainkan membantu pemerintah memberikan solusi yang aplikatif untuk diterapkan di Kota Bandung. Sangat mudah tentunya untuk mengkritik dan mencibir, tetapi lewat IURAN, aspirasi masyarakat diwujudnyatakan menjadi sebuah program yang nyata, sehingga semangat “dari, oleh, dan untuk masyarakat Kota Bandung” sangat terasa.
Dengan tampilan website dan akun media sosial yang dinamis, kreatif, serta berjiwa muda, program IURAN berhasil menarik minat anak muda Bandung untuk terlibat dalam memberikan ide kreatif dalam menyelesaikan persoalan di Kota Bandung. Jika sebelumnya solusi dan aspirasi Kota Bandung hanya diberikan oleh sesepuh atau para ahli yang memiliki kualifikasi pendidikan yang tinggi, kini siapapun dapat berkontribusi, terlepas dari latar belakang pendidikan, usia, jenis kelamin, maupun jabatan yang dimiliki.
             
Melihat program IURAN, saya rasa ini adalah Kabar Baik untuk masyarakat Bandung. Inovasi Daerah yang digagas Ridwan Kamil ini mampu mendayagunakan masyarakat sebagai agen perubahan itu sendiri. Tentu kemajuan Kota Bandung berkontribusi Untuk Indonesia yang lebih baik. Jika Kota Bandung saja mampu memberdayakan masyarakatnya untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, tentu kota lain pun mampu. Secara tidak langsung, Kota Bandung sudah menjadi pilot project dalam program pemberdayaan masyarakat dengan nama IURAN ini.
Saya percaya bahwa #InovasiDaerahku dengan program Inovasi Urang Bandung ini bukan hanya sebuah program yang inspiratif, tetapi juga sebuah aksi gotong royong yang menjunjung tinggi semangat Bhinneka Tunggal Ika dan jati diri bangsa Indonesia. Saya bangga menjadi orang Bandung dan saya mau terlibat untuk memajukan Kota Bandung tercinta dengan berbaga ide kreatif melalui program IURAN!

Artikel ini diikutsertakan pada Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku - https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku

1 comment:

  1. Ini daearah memang penuh inovasi Mas. Kota kembang juga. haha Salam kenal, Robi. You can visit to my blog in http://emrabie.blogspot.co.id/2016/08/inovasi-daerahkukampung-antikorupsi.html

    ReplyDelete