Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Tuesday, January 11, 2011

Optimalisasi Hosting dan Domain : Katalisator Internet Sehat di Indonesia

Lomba Artikel “Pengertian Domain dan Hosting Indonesia”
Tema : “Mengenal Hosting dan Domain”

Optimalisasi Hosting dan Domain : Katalisator Internet Sehat di Indonesia

Sebagai pengguna internet awam, istilah hosting dan domain mungkin masih menjadi sesuatu yang asing di telinga kita. Apalagi sebagian besar waktu kita rata-rata dihabiskan di situs jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter, MySpace, dan lain sebagainya. Akibatnya, banyak hal di dunia maya yang belum kita pahami secara mendalam. Padahal, internet menyimpan begitu banyak fakta menarik yang bisa mengubah kita dari follower menjadi trendsetter di dunia maya, asalkan kita mampu memanfaatkan dan menggali potensi yang ada dengan sebaik-baiknya.

Berbicara tentang pemanfaatan internet, tentu tidak terlepas dari dua istilah di atas. Hosting dan domain. Apa yang dimaksud dengan kedua istilah tersebut? Menurut “www.indorackhosting.com”, hosting dapat disebut sebagai layanan penyewaan ruang simpan data (space) yang digunakan untuk menyimpan data-data website agar halaman website tersebut bisa diakses dari mana saja. Data web tersebut meliputi file-file html, php script, cgi script, css, image, database, dan file lain yang dibutuhkan untuk menampilkan halaman web.

Sementara itu, Wikipedia mengartikan domain sebagai nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer, seperti web server atau e-mail server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai IP address. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web, seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Berkaca dari dua definisi istilah di atas, dapat disimpulkan hosting dan domain memegang peranan penting di dunia maya. Berdirinya sebuah website, tentu tidak terlepas dari peran hosting dan domain. Hosting akan menyediakan konten, data, maupun file yang ingin kita bagikan pada para pengguna internet yang sedang mengunjungi website kita. Tentu hosting akan sangat mempengaruhi kunjungan website dengan kualitas dan tampilan yang disajikan.

Dalam memilih jasa hosting, tentu kita harus memperhatikan aspek 3M yang terdiri dari Mutu, Murah, dan Manfaat. Dalam hal ini, “http://www.jagoanhosting.com/” dapat dikatakan sebagai website yang mampu memberikan ketiga aspek ini secara menyeluruh. Dengan berbagai paket dan target pasar, kita dapat memilih layanan yang pas dan disesuaikan dengan kebutuhan konten website yang kita inginkan.

Tak heran jika “http://www.jagoanhosting.com/” dapat dikatakan sebagai layanan hosting dan domain murah yang “tidak murahan”. “http://www.jagoanhosting.com/” mampu mengakomodasi kebutuhan dan kualifikasi konten yang dibutuhkan sesuai website yang ingin kita dirikan. Dengan harga terjangkau, “http://www.jagoanhosting.com/” setidaknya sudah menjadi katalisator internet sehat di Indonesia. “http://www.jagoanhosting.com/” mampu memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi pengguna internet untuk mendirikan websitenya bagi perkembangan dan peningkatan kualitas IT di Indonesia.

Sebagai Jagoan Hosting Indonesia, “http://www.jagoanhosting.com/” memberikan layanan kelas dunia bagi para penggunanya. Tampak dengan jelas, “http://www.jagoanhosting.com/” berbeda dengan situs penyedia layanan hosting murah lainnya yang hanya sekadar memberikan ala kadarnya sesuai tarif yang diberikan. “http://www.jagoanhosting.com/” mampu menyediakan layanan yang berkualitas, mudah, dan aplikatif bagi para pelanggannya, baik dalam penyediaan domain dan hosting Indonesia. Tak heran jika “http://www.jagoanhosting.com/” dapat dikatakan sebagai kebanggaan layanan hosting Indonesia.

Sama seperti hosting, domain juga berperan penting dalam menunjang eksistensi sebuah website. Domain akan memudahkan sebuah website untuk dikunjungi para pengguna internet. Dalam hal ini, sukses atau tidaknya sebuah website bergantung pada menarik atau tidaknya nama domain yang diberikan. Pendiri website harus memikirkan dengan cermat nama domain yang harus diberikan, hal tersebut meliputi 3K.

K pertama adalah kemudahan untuk mengingat nama domain. Internet memuat lebih dari ribuan nama domain yang memuat berbagai konten yang kita butuhkan. Sayangnya, masih banyak website yang tidak memperhatikan nama domain secara cermat. Indikator kemudahan tersebut dapat ditinjau dari panjang pendeknya nama domain, kata-kata yang familiar dan mudah diingat, serta nama domain yang memiliki kesan dan nuansa tersendiri bagi pengguna internet.

Sebut saja, “google.com”. Search engine terpopuler di dunia maya ini menyedot kunjungan mencapai ratusan juta kali tiap harinya. Tak heran jika nilai saham Google terus meroket di dunia nyata karena banyaknya investor yang ingin menanamkan modalnya di situs ini. Kesuksesan Google tentu tidak terlepas dari prinsip kemudahan ini. Nama domain yang hanya terdiri dari enam huruf, mudah diingat, dan memiliki keterikatan dengan pengguna internet ini membuat Google menjadi website yang paling diminati di seluruh dunia.

K kedua adalah kualitas website yang disajikan. Dalam memilih nama domain, tentu perlu dipertimbangkan “menjual” atau tidaknya nama domain yang kita berikan. “Menjual” yang dimaksud dalam hal ini adalah daya tarik yang dimiliki nama domain. Apa yang membuat orang menyukai dan harus mengunjungi website kita? Itulah prinsip yang harus ditanamkan dalam penamaan domain. Nama domain yang diberikan harus membuat orang penasaran, bertanya-tanya, dan pada akhirnya memutuskan untuk mengunjungi website kita.

K ketiga adalah konten yang hendak dituangkan dalam website. Tentu pemilihan nama domain harus relevan dengan konten yang ingin kita bagikan kepada pengguna internet. Sebut saja, “wikipedia.org” yang menampilkan berbagai istilah, definisi, dan informasi seputar ilmu pengetahuan di berbagai belahan dunia. Situs ini seringkali menjadi sumber informasi dan referensi kita dalam mengerjakan tugas sekolah, meskipun setiap orang bisa menambahkan maupun mengurangkan informasi yang ada di dalamnya. Nama domain yang tepat akan memudahkan pengguna internet untuk mengunjungi website kita.

Tiga K ini akan menentukkan sukses atau tidaknya sebuah website di dunia maya. Penamaan domain secara tepat akan memberikan sebuah dorongan bagi pengguna internet untuk mengunjungi website kita. Pengguna internet akan merasa tidak afdol, jika berselancar di dunia maya belum mengunjungi situs A, misalnya. Itulah kekuatan yang dimiliki sebuah domain.

Hosting dan domain. Keduanya ibarat dua buah mata koin yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Hosting akan menyediakan konten maupun cakupan data yang ingin kita bagikan. Sementara itu, domain adalah case atau sampul yang menjadi bungkus website kita. Sama seperti membeli barang, pengguna internet juga awalnya akan tertarik dengan sampul luar dari sebuah website terlebih dahulu. Menarik atau tidaknya nama domain akan sangat mempengaruhi kunjungan pengguna internet ke website kita.

Tentu optimalisasi hosting dan domain akan menjadi katalisator bagi gerakan internet sehat di Indonesia. Dengan kemudahan, kualitas, dan daya tarik yang dimiliki website, kita bisa menyebarkan konten positif yang seyogianya membangun bangsa kita ke arah lebih baik. Kita juga bisa melakukan e-commerce, e-business, dan lain sebagainya yang tentu akan menambah devisa negara kita secara signifikan karena memiliki sasaran pasar yang luas. Kita juga bisa membuat e-learning yang dapat memajukan dunia pendidikan Indonesia di era modern ini. Begitu banyak hal yang bisa kita kembangkan dengan optimalisasi hosting dan domain.

Pada akhirnya, internet tidak hanya menjadi media hiburan semata, tetapi juga memberi dampak tersendiri bagi kualitas hidup kita. Hal tersebut dapat tercapai asalkan kita mampu mengoptimalkan hosting dan domain yang ada untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Hosting dan domain akan mengubah kita dari pengguna menjadi pencipta yang kelak akan berguna bagi banyak orang di masa mendatang. Maka dari itu, mari kita SOI. Siapkan konten berkualitas, optimalkan fungsi hosting dan domain, dan pada akhirnya implementasikan secara nyata menjadi sebuah website. Be trendsetter, not follower right now!

No comments:

Post a Comment