Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Thursday, June 30, 2011

Reformasi Birokrasi : Renaisans Hukum dan HAM di Indonesia

Lomba Menulis Online Hukum dan HAM
Tema : “Penegakkan Hukum dan HAM”

Reformasi Birokrasi : Renaisans Hukum dan HAM di Indonesia


Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk melakukan revitalisasi terhadap hukum dan HAM di Indonesia adalah dengan melakukan reformasi birokrasi. Melihat sistem birokrasi di negara kita yang berantakan dan tidak memihak pada rakyat, rasanya kita perlu mengadopsi sistem hukum yang diberlakukan di China. Pelaksanaan hukum yang tegas dan terkesan sadis ini dengan adanya hukuman mati bagi koruptor ini dimaksudkan bukan untuk melanggar HAM, melainkan demi terciptanya negara yang adil dan menjunjung tinggi hukum.

Penulis rasa dengan adanya hukuman yang berat, koruptor, para pelanggar hukum, dan HAM akan takut untuk melakukan perbuatan melanggar hukum dan HAM yang sama kembali. Tentu hanya orang-orang yang bersalah dan ingin menghindari hukumlah yang menyalahkan hukuman mati sebagai perbuatan musyrik, tidak berperikemanusiaan, dan tidak beradab. Jika kita memang berniat tidak melanggar hukum dan HAM, tentu kita tidak perlu takut dengan hukuman seberat apapun, bukan?

Tentu ketika para wakil rakyat di bangku DPR sudah melakukan perubahan terhadap sikap dan perilaku mereka untuk taat hukum, maka seluruh jajaran pemerintahan dari atas hingga ke bawah pun akan secara otomatis mengikuti layaknya efek domino. Masyarakat pun akan turut aktif dalam menegakkan hukum karena mereka sudah diberikan teladan dan contoh yang baik dalam membangun Indonesia yang maju dengan perilaku sadar hukum. Hal ini akan menjadi tonggak awal bagi renaisans hukum dan HAM di Indonesia.

No comments:

Post a Comment