Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Thursday, June 30, 2011

Menjadikan AJB Bumiputera 1912 Sebagai Mercusuar Perkembangan Asuransi Jiwa di Indonesia

Lomba Menulis Artikel Asuransi HUT Ke-99 AJB Bumiputera 1912
Tema : “Bumiputera: Menjelang 1 Abad”

Menjadikan AJB Bumiputera 1912 Sebagai Mercusuar Perkembangan Asuransi Jiwa di Indonesia


Sebagai perusahaan asuransi nasional milik bangsa Indonesia yang genap berusia 99 tahun, AJB Bumiputera memegang peranan penting dalam perkembangan asuransi jiwa di Indonesia. Selama hampir 1 abad, AJB Bumiputera 1912 sudah melayani jutaan orang yang mempercayakan modal yang mereka miliki dan menjadi pemegang polis asuransi jiwa yang ditawarkan AJB Bumiputera 1912. Tentu kepercayaan masyarakat dalam memilih AJB Bumiputera 1912 sebagai perusahaan asuransi keluarga Indonesia dari generasi ke generasi ini membuat tanggung jawab dan kualitas pelayanan menjadi hal yang utama dan terutama dalam melayani nasabah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), asuransi dapat diartikan sebagai pertanggungan atau perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran, apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat. Dalam hal ini, kita dapat menyimpulkan bahwa asuransi itu ibarat payung yang melindungi kita dari hujan. Asuransi berfungsi melindungi kita dari hal-hal yang tidak diinginkan dan memproteksi kita dengan jaminan yang ada.

Sayangnya, banyak definisi dan persepsi tentang asuransi di kalangan masyarakat yang keliru, sehingga banyak masyarakat memilih untuk menghindari produk asuransi. Penulis pernah mendengar pengakuan seorang ibu tentang asuransi. Beliau mengatakan asuransi itu tidak berguna dan hanya membuang-buang uang saja untuk membeli polis. Selain itu, ekstrimnya lagi, ada yang mengatakan bahwa memilih asuransi seolah “mendoakan” seseorang untuk mendapat hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, meninggal dunia, dan lain sebagainya. Tentu persepsi yang keliru ini sangat berbahaya jika dibiarkan berlarut-larut. Masyarakat menjadi acuh tak acuh terhadap proteksi jiwa yang seharusnya mereka miliki untuk menunjang kehidupan mereka dan orang-orang yang mereka cintai.

AJB Bumiputera 1912 dalam hal ini berfungsi sebagai mercusuar yang seyogianya menuntun masyarakat Indonesia untuk memahami asuransi secara tepat. Di usia yang menjelang 1 abad, tentu AJB Bumiputera 1912 hendaknya menjadi panutan bagi perusahaan asuransi jiwa lainnya untuk berkontribusi dalam memberikan wawasan dan pengetahuan yang memadai pada masyarakat seputar asuransi. Hal ini dapat dilakukan dengan AKSI.

A – Apresiasi

Anggapan bahwa masyarakat lebih mempercayai orang yang ada di sekitar mereka ketimbang petugas asuransi bisa menjadi acuan bagi AJB Bumiputera 1912 untuk melakukan revitalisasi terhadap citra asuransi. AJB Bumiputera 1912 dapat membuat program “Member Get Member” yang berfungsi ganda, yakni memberikan kesejahteraan bagi nasabah, sekaligus menunjang AJB Bumiputera 1912 untuk tetap eksis sebagai perusahaan asuransi jiwa. Dalam hal ini, pemegang polis dapat diberikan apresiasi dengan beragam hadiah menarik jika berhasil mengundang rekan mereka untuk mengikuti asuransi. Penulis yakin banyak orang yang akan tertarik untuk bergabung dalam asuransi dengan apresiasi yang diberikan.

K – Kinerja

AJB Bumiputera 1912 juga harus senantiasa memperbaharui kinerja perusahaan asuransi secara professional dan berkesinambungan. Prinsip 2S, yakni Senyum dan Sapa hendaknya diterapkan dalam melakukan pelayanan kepada nasabah. Selain itu, AJB Bumiputera 1912 juga dapat memfasilitasi tim marketing perusahaan dengan mobil kantor guna menunjang mobilitas dan pelayanan ke nasabah secara door to door agar jalinan tali silaturahmi dirasakan lebih intim dan intens. Diharapkan kinerja yang baik ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk memiliki asuransi.

S – Sosialisasi

Dewasa ini, penulis melihat AJB Bumiputera 1912 kurang gencar dalam melakukan sosialisasi produk asuransi yang dimiliki. Akibatnya, masyarakat luas tidak mengetahui konsep mutual (usaha bersama) yang dimiliki AJB Bumiputera 1912. Kiprah AJB Bumiputera 1912 pun tertutupi oleh beragam perusahaan asuransi asing yang sangat gencar memasang iklan dan memberitahukan produk asuransi terbaru yang mereka miliki. Tentu AJB Bumiputera 1912 harus melakukan sosialisasi secara holistik di kalangan masyarakat dengan cara yang sederhana, namun memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat.

AJB Bumiputera 1912 dapat bekerja sama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI), PT. Garuda Indonesia, dan perusahaan persero milik negara lainnya untuk memberikan asuransi perjalanan yang menjamin keselamatan penumpang. Penulis yakin sosialisasi yang dilakukan akan menumbuhkan kepercayaan di kalangan masyarakat terhadap tanggung jawab yang diberikan AJB Bumiputera 1912. Selain itu, pembagian brosur asuransi di sarana umum, seperti terminal, bandara, stasiun, mal, dan lain sebagainya dapat dilakukan untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan asuransi di kalangan masyarakat.

I – Inovasi

Sebagai perusahaan yang berusia sangat matang, AJB Bumiputera 1912 tentu tidak boleh melupakan inovasi sebagai sarana untuk tetap eksis dan bertahan di tengah himpitan persaingan perusahaan asuransi asing yang kian ketat. AJB Bumiputera 1912 dapat menawarkan produk asuransi baru, seperti asuransi rumah, kendaraan, dan lain sebagainya. Meskipun dalam label “Asuransi Jiwa”, penulis yakin inovasi yang diberikan akan menyegarkan citra AJB Bumiputera 1912 yang selama ini dikenal masyarakat terlalu monoton.

AKSI yang dilakukan diharapkan dapat menjadikan AJB Bumiputera 1912 sebagai mercusuar bagi perkembangan asuransi jiwa di Indonesia. Masyarakat yang semula menolak produk asuransi pun diharapkan dapat mengikis sikap antipati mereka terhadap asuransi dengan langkah AKSI yang dilakukan AJB Bumiputera 1912. AJB Bumiputera 1912 dapat menjadi penuntun arah yang benar bagi masyarakat bahwa polis asuransi yang mereka miliki bukanlah kertas kosong yang sia-sia, melainkan berfungsi sebagai tameng pelindung dari segala ketidakpastian yang terjadi di masa mendatang.

Semoga dengan implementasi AKSI, AJB Bumiputera 1912 senantiasa maju dan berkembang dalam memenuhi tuntutan zaman di bidang asuransi. Mari berasuransi sekarang bersama AJB Bumiputera 1912!

No comments:

Post a Comment