Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Friday, October 15, 2010

Shell Helix : Optimalisasi Kinerja Mesin Ferrari dalam Event Otomotif

Lomba Menulis Oli Shell Kriteria Blog
Tema : “Kemitraan Teknik antara Shell dan Ferrari, dan Peran Shell Helix dalam Kemitraan Itu”

Shell Helix : Optimalisasi Kinerja Mesin Ferrari dalam Event Otomotif

Shell dan Ferrari dapat dikatakan sebagai mitra paling sukses sepanjang sejarah dunia. Mengapa? Kerjasama teknik ini mendapatkan hasil terbaik di event bergengsi olahraga otomotif saat pabrik Scuderia Ferrari berdiri untuk pertama kalinya di Maranello tahun 1947. Pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Shell berdampak penting bagi kesuksesan Ferrari di lintasan balap. Hal ini terlihat dari kemenangan Ferrari pertama melalui pembalap JosÈ Froilan Gonzalez di GP Silverstone pada tahun 1951 dengan mengendarai Ferrari 375. Shell membantu mengoptimalkan kinerja mesin Ferrari dalam berbagai ajang balapan.

Prestasi yang sangat membanggakan dari kemitraan ini adalah sukses mengantar Michael Schumacher dan Ferrari meraih 5 gelar juara dunia pembalap dan konstruktor secara berturut-turut (2000, 2001, 2002, 2003, 2004). Hal ini didukung oleh Shell Helix yang berperan aktif sebagai bahan bakar dan oli berkualitas yang membuat kinerja mesin Ferrari jauh lebih baik dibandingkan merek kendaraan balap lainnya.

Sumbangsih Shell dalam menghantarkan Ferrari ke puncak kesuksesannya diapresiasi dengan baik oleh Ferrari. Shell mendapat anugerah penghargaan tertinggi dari Ferrari sebagai mitra teknikal resmi terbaik dan terinovatif pada tahun 2007. Penghargaan ini diberikan karena hasil kinerja terbaik dari produk Shell selama mendukung Ferrari di lintasan balap Formula 1.

Shell kembali memperpanjang kerjasama sebagai mitra teknikal Ferrari hingga tahun 2010 pada GP San Marino Italia tahun 2005 sebagai wujud kemitraan yang bersimbiosis mutualisme. Dapat dipastikan bahwa setiap ajang balap Formula 1 akan memberikan keuntungan dan nilai tambah terhadap produk-produk Shell bagi kinerja Ferrari.

Shell berhasil mengembangkan kinerja terbaik dari bahan bakar Shell V-Power dan mendapatkan ketahanan mesin terbaik melalui oli Shell Helix. Pengembangan dan penelitian ini dilakukan di lintasan balap Formula 1. Uji coba ini dilakukan untuk menciptakan produk yang kompetitif untuk penggunaan di jalan raya dan memiliki kekuatan perlindungan terhadap mesin untuk semua jenis mobil di seluruh dunia.

Lisa Lilley, Manager Teknologi Shell untuk F1 mengatakan, “Kebijakan penghentian pengembangan mesin baru ini memberikan peluang besar kepada Shell. Produk Shell akan menjadi faktor penting yang akan membedakan kinerja mobil disetiap lintasan balap. Shell menjadi lebih fokus untuk memberikan Shell Helix sebagai pelumas terbaik mesin mobil Ferrari dan membantunya untuk tetap kompetitif di lintasan. Sebaliknya ini akan menjadi dapur uji terbaik untuk mentransfer teknologi yang sama dan memberikan akses kepada konsumen akan teknologi terbaru yang ada pada oli mobil komersial, Shell Helix Ultra.” Hal ini menunjukkan bahwa Shell sangat berperan aktif dalam membantu Ferrari di ajang Formula 1 yang bergengsi.

Ferrari dikenal sebagai pabrik nomor satu di dunia dalam hal ketahanan mesin di ajang Formula 1. Selama ini, Ferrari sangat jarang sekali mengalami kerusakan mesin di lapangan balap. Berbeda dengan mobil balap keluaran pabrik lainnya yang tidak ditunjang oleh oli Shell Helix yang berkualitas, sehingga mobil balap mereka cepat panas dan mengalami kerusakan jika dikendarai dalam jangka waktu yang lama. Shell mewujudkan mimpi terbesar Ferrari untuk mencapai prestasi terbaiknya.

Arfindi Batubara, Marketing Manager Lubricant Shell Indonesia mengatakan, "Kemitraan Shell dan tim Ferrari F1, termasuk Michael Schumacher selama bertahun-tahun telah menghasilkan kesuksesan di sirkuit F1. Hal ini juga menjadi dasar pengembangan produk pelumas mobil Shell Helix demi memberikan produk yang terbaik bagi konsumen."

Kerjasama Shell di lintasan balap bersama Ferrari berhasil mentransformasikan teknologi untuk menghasilkan rangkaian lengkap produk oli terbaik untuk memenuhi kebutuhan mobil kamu dalam berbagai varian Shell Helix, antara lain Shell Helix Ultra 5W-40, Shell Helix Plus 10W-40, Shell Helix Super 15W-50, Shell Helix 20W-50 (red), Shell Helix Diesel Plus 10W-40, dan Shell Helix Diesel Super 15W-40.

Keenam produk ini memiliki kandungan pembersih khusus yang dapat mengikat semua kotoran dan kerak (Active Cleansing Agents), sehingga memberikan pelumasan yang maksimal dan proteksi terhadap mesin. Dalam hal ini, Ferrari merekomendasikan penggunaan Shell Helix Ultra 5W-40 karena menunjang performa mesin baru tetap tinggi karena akan membersihkan dan melindungi mesin secara maksimal.

Lain halnya dengan Shell Helix Plus 10W-40. Produk ini sangat cocok untuk digunakan untuk membersihkan mesin secara maksimal dan memiliki stabilitas oksidasi yang mampu mencegah penurunan kualitas oli. Shell Helix Super 15W-50 juga memberikan perlindungan terpercaya pada mesin. Produk unggulan Shell lainnya adalah Shell Helix Diesel Plus 10W-40. Produk ini memberikan perlindungan ekstra mesin diesel dalam segala kondisi berkendara atau tanpa pemanasan, membantu penghematan penggunaan bahan bakar karena efisiensi kerja mesin, dan ramah lingkungan karena memiliki kadar klorin yang rendah.

Menurut tes laboratorium yang diselenggarakan di Eropa membuktikan bahwa getaran mesin diesel dapat dikurangi sebanyak 20% jika menggunakan Shell Helix dibandingkan oli mesin lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa Shell sangat memperhatikan kualitas produk dan menjaga citra baik dengan konsumen. Dengan mempekerjakan para ilmuwan handal, Shell tak hent-hentinya menciptakan formula baru yang dapat menjaga mesin tetap awet dan bersih seperti baru. Saya juga sangat mengapresiasi upaya Shell dalam membangun kemitraan yang baik dengan Ferrari.

Saya berharap prestasi dan pencapaian Shell dapat lebih ditingkatkan dari hari ke hari dengan menjaga kemitraan teknik dengan Ferrari. Dengan performa, kualitas, dan komposisi yang pas untuk mesin kendaraan apapun, Shell layak untuk disandangkan gelar sebagai produsen oli terbaik dunia. Sebagai mitra yang sangat berperan dalam menunjang kesuksesan Ferrari, Shell juga memiliki tanggung jawab moral pada masyarakat dunia, yakni menghasilkan produk unggulan yang kompetitif dan ampuh dalam menciptakan mesin bersih. Selamat menjalin kemitraan teknik dan menelurkan prestasi sebanyak mungkin dengan penggunaan Shell Helix di lapangan Formula One!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment