Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Rabu, 15 Maret 2017

Visit Tidore Island - Surga Tersembunyi di Maluku Utara



Lomba Menulis Blog Tidore Untuk Indonesia

Tema: “Tidore Untuk Indonesia”



Visit Tidore Island - Surga Tersembunyi di Maluku Utara

Pantai Pulau Maitara - Sumber: TripTrus

            Berbicara tentang keindahan alam, Indonesia boleh dikatakan salah satu negara yang memiliki kekayaan pesona alam yang lengkap, mulai dari pegunungan, pantai, teluk, ngarai, bawah laut, hingga sabana. Semua dapat ditemukan di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Tak heran rasanya jika slogan Wonderful Indonesia menjadi sebuah kebanggaan tersendiri sebagai Warga Negara Indonesia karena mampu memikat minat turis asing untuk datang dan berkunjung ke Indonesia.

            Salah satu destinasi wisata nasional yang tak kalah menakjubkan dapat kita temukan di Pulau Tidore. Pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Halmahera ini menjadi saksi bisu dari berdirinya Kesultanan Tidore pada masa lampau. Pulau yang berjarak 30 menit dari Pulau Ternate ini mempunyai beragam destinasi wisata alam yang spektakuler yang masih terjaga keaslian, sehingga kita bisa merasakan petualangan alam nyata di Tidore.



Destinasi
Puncak Gunung Kie Matubu - Sumber: ilhamarch.blogspot.com


            Objek wisata utama yang harus dikunjungi selama berada di Tidore adalah Pulau Maitara. Jika Anda masih memiliki uang kertas pecahan 1.000 keluaran lama, pasti Anda akan merasa familiar dengan gunung yang ada di Tidore ini. Dengan pantai berpasir putih dan kekayaan biota laut yang memukau, Pulau Maitara memberi keteduhan sendiri dan memberi arti bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah seorang pelaut.

            Kita juga bisa singgah di Pantai Ake Sahu yang memiliki sumber air panas alami. Terletak 15 menit dari pusat kota, Pantai Ake Sahu cocok untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga di akhir pekan. Anda akan dimanjakan dengan sumber air panas alami yang tidak hanya membuat tubuh rileks, tetapi juga menyembuhkan berbagai penyakit dengan kandungan mineral alaminya.

            Puncak Gunung Kie Matubu pun menjadi destinasi wisata Tidore yang tak kalah menarik. Dengan pemandangan spektakuler di atas puncak berupa Pulau Ternate, Matiara, Hiri, Halmahera, Mare, Moti, Makian, dan masih banyak lainnya, kita bisa melihat “negeri di atas awan” saat berada di Tidore. Tak heran jika Tidore boleh disebut surga tersembunyi di Maluku Utara berkat keindahan Puncak Gunung Kie Matubu yang luar biasa.

            Kita pun bisa melihat lumba-lumba langsung di habitatnya di Pulau Mare. Saat hari beranjak senja, kita dapat melihat atraksi lumba-lumba yang melompat-lompat secara alami. Tanpa ada kandang khusus atau pawang yang mengarahkan, lumba-lumba di Pulau Mare siap menyambut Anda dengan beragam atraksi yang menghibur dan menunjukkan kekayaan habitat laut Indonesia.

            Air terjun Goheba pun dapat menjadi destinasi manis untuk menyegarkan pikiran karena letaknya yang ada di tengah pepohonan yang asri. Dengan habitat yang masih terjaga keasriannya, Anda dapat menikmati sensasi mandi di air terjun Goheba dengan kicauan burung khas hutan yang khas. Sungguh sebuah surga tersembunyi yang ada di Kelurahan Kalaodi yang mampu menyejukkan mata dan rasa.



Konektivitas
Pemandangan Pulau Maitara dari Atas - Sumber: cobodoe.wordpress.com


            Pulau Tidore dapat diakses dengan penerbangan dari Jakarta menuju Ternate yang ditempuh selama 3 jam 50 menit. Harga tiket satu kali jalan kurang lebih 1.000.000 hingga 1.800.000 rupiah, tergantung maskapai dan jam penerbangan yang dipilih. Sesampainya di Ternate, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan speedboat menuju Pulau Tidore dengan jarak tempuh 30 menit.

            Anda dapat menyewa kendaraan untuk mengeksplorasi Pulau Tidore secara menyeluruh. Dengan luas ±2.793,686 km2, Anda akan ditakjubkan dengan pesona alam yang dimiliki Pulau Tidore. Pastikan Anda melihat setiap kejutan yang ada di surga tersembunyi yang ada di Maluku Utara ini.



Tidore Untuk Indonesia
Peta Pulau Tidore - Sumber: www.blaster.id


            Tidore adalah destinasi wisata alam Indonesia yang layak diperhitungkan keberadaannya. Kendati namanya belum santer terdengar layaknya Bali, Raja Ampat, Manado, dan destinasi nasional lainnya, sudah seyogianya pemerintah mengembangkan Tidore sebagai destinasi wisata unggulan yang dapat dikunjungi oleh turis domestik maupun asing. Dengan beragam destinasi memukau, sudah seyogianya turis merasakan nuansa “Wonderful Indonesia” di Tidore.

            Menepis kesan mahal adalah salah satu cara yang dapat dilakukan agar wisatawan mau datang dan berkunjung ke Tidore. Citra wisata Indonesia Timur yang tarif pesawatnya dapat disamakan dengan Bangkok, Hong Kong, dan Australia ini harus dijawab dengan menyediakan paket tur domestik yang terjangkau. Kementerian Pariwisata Indonesia sebagai eksekutor di lapangan dapat menjual paket tur dalam berbagai segmen pasar, mulai dari backpacker, average, hingga luxury traveler.

              Tak hanya itu, Kemenpar juga dapat mengajak agensi tur domestik untuk membuat program konsorsium agar paket wisata Tidore dapat dipasarkan secara luas. Selain itu, Tidore juga dapat diminati dengan adanya brosur panduan wisata yang lengkap dan gratis. Wisatawan dapat mengetahui seperti apa Tidore dan potensi wisata yang dimiliki dengan informasi gratis yang diberikan secara ringkas dan praktis.

            Selain itu, Tidore juga harus berbenah dalam mempersiapkan fasilitas dan transportasi yang memadai saat turis berkunjung ke Tidore dengan standar dan mutu yang baik. Selama ini, wisata di luar Pulau Jawa lekat dengan citra yang kurang terawat dan pelayanan yang sekadarnya. Akibatnya banyak turis yang enggan berkunjung karena mereka menuntut pelayanan yang baik ketika menikmati liburan.

            Pemerintah Kota Tidore dapat menyiapkan fasilitas hotel dengan taraf internasional agar kualitas akomodasi selama turis berkunjung ke Tidore dapat memberi kenyamanan bagi turis yang tinggal. Selain itu, tarif masuk objek wisata hendaknya juga ditetapkan secara matang dan tidak jomplang antara turis domestik dan asing. Meskipun terlihat sepele, namun tiket masuk yang mahal akan mengurungkan niat turis untuk datang dan berkunjung.

            Tentu kita berharap Tidore dapat berkontribusi untuk Indonesia dalam menaikkan devisa negara, tanpa mengabaikan pembenahan kualitas dan pelayanan yang diberikan. Selamat berkunjung ke Pulau Tidore! To Adao Rahe :)


Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Tidore Untuk Indonesia berhadiah 6 hari 5 malam untuk 5 orang pemenang. Ayo ikutan dengan klik banner lomba di bawah ini! GRATIS!

www.instagram.com/visit.tidoreisland
 

2 komentar:

  1. Tidore emang tujuan luar biasa yg sering terlupakan ya :) Smg dgn adanya event ini banyak membantu menginformasikan ttg Tidore!

    BalasHapus
  2. Wah pengen sekali berkunjung ke Tidore. Penasaran dengan Kota yang kaya akan rempah rempah yang banyak diperebutkan bangsa bangsa Eropa karena karena nilai jualnya yang sangat tinggi. Selain itu juga banyak pantai pantainya yang keren sekali ^_^

    BalasHapus