Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Monday, January 25, 2016

Menikmati Pesona Mistis Curug Dago



Kontes Ngeblog Vokamo
Tema: “Keindahan Objek Wisata di Indonesia”

Menikmati Pesona Mistis Curug Dago
Curug Dago (Sumber: tour-in-bandung.blosgpot.com)
Sebagai salah satu situs wisata alam yang ada di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda di Bandung, Curug Dago boleh dikatakan kurang popular layaknya Curug Cimahi. Namun, lokasinya yang terpencil dan dikelilingi oleh pepohonan yang lebat inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin merasakan nuansa mistis Curug Dago.

Anda dapat membeli tiket pesawat sesuai dengan budget yang Anda alokasikan untuk liburan. Anda bisa memilih AirAsia, Citilink, Garuda Indonesia, dan masih banyak maskapai lainnya yang melayani rute ke Bandung. Anda akan mendarat di Bandara Internasional Husein Sastranegara sesampainya di Bandung. Curug Dago dapat diakses dari Bandara Internasional Husein Sastranegara dengan berbagai moda transportasi, seperti taksi, bus, atau ojek sekalipun. Dengan jarak sekitar 8 km, Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di pelataran parker Taman Budaya Ganesha Dago. Jika ditempuh dengan bus, Anda dapat berhenti di Terminal Dago dan menempuh jalan setapak sekitar 500 meter sebelum sampai di lokasi Curug Dago.
Sumber: telusurindonesia.com
Memasuki lokasi Curug Dago, Anda harus menuruni puluhan anak tangga curam yang terbuat dari beton setinggi 100 meter. Sesampainya di bawah, Anda akan merasakan nuansa mistis tersendiri ketika melihat Curug Dago dengan suasana hening. Coba pejamkan mata Anda sejenak sembari menikmati alunan suara air terjun yang gemercik menenangkan jiwa. Sesudah itu, Anda bisa melihat sebuah bangunan berwarna merah yang berisi prasasti peninggalan tahun 1818 dari Kerajaan Thailand.

Curug Dago ini berasal dari aliran Sungai Cikapundung. Dengan ketinggian air 12 meter, Anda akan menemukan nuansa mistis tersendiri ketika berdiam diri sejenak. Anda bisa memanfaatkan suasana Curug Dago yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota dan kunjungan turis ini dengan bermain gitar, menulis puisi, atau bermeditasi. Sesudah puas menjelajahi Curug Dago, Anda dapat naik kembali ke atas dengan hati-hati dan duduk sejenak di pendopo yang tersedia. Pastikan untuk mengunjungi Curug Dago pada pagi atau siang hari karena suasana menjadi sangat gelap dan mencekam di sore dan malam hari.

Sesudah menikmati pesona mistis Curug Dago, Anda bisa bersantai di Dago Tea House untuk menikmati makanan khas Sunda yang nikmat dan lezat. Suasana yang rindang dari bangunan peninggalan Belanda akan membuat Anda serasa tersesat di era Bandung Tempoe Doeloe. Nikmati nuansa santai sejenak sembari menghirup udara sejuk khas Kota Bandung.

Tentu ada sebuah kerinduan terpendam untuk menjelajahi lebih banyak destinasi di Kota Bandung. Salah satunya adalah Tebing Citatah 125 dengan pemandangan Danau Purba Bandung tempo doeloe yang memukau. Belum lagi lanskap alam Kota Bandung akan tertangkap dengan jelas dipenuhi hijaunya pegunungan yang mengelilingi kawasan sekitar Kota Bandung. Sungguh sebuah pengalaman wisata yang memperkaya diri akan begitu banyak keindahan objek wisata di Indonesia.
Sumber: sebandung.com
Sebagai orang Bandung, aku senang dengan objek wisata yang ada di Kota Kembang tercinta. Bandung bukan hanya menjadi kampung halaman, tetapi juga lokasi wisata yang potensial untuk dikembangkan bagi pariwisata Indonesia. Curug Dago yang mistis dan memikat bisa jadi satu dari sekian banyak situs wisata yang belum dikenal turis secara utuh, namun justru itulah letak pesona keindahan alam Indonesia yang menyuguhkan kejutan dan cerita didalamnya. Selamat berwisata di Kota Bandung!

Artikel ini diikutsertakan dalam Kontes Ngeblog Vokamo dengan tema "Keindahan Obyek Wisata di Indonesia"

No comments:

Post a Comment