Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Monday, September 29, 2014

Mewujudkan Masterplan Kehidupan Melalui Wealth Management

Kompetisi Menulis Blog 2014 Sun Anugerah Caraka
Tema : “Melek Finansial”
Sub Tema : “Masyarakat Melek Finansial”


Mewujudkan Masterplan Kehidupan Melalui Wealth Management
            Mimpi itu ibarat udara. Tidak terlihat, namun dapat kita rasakan keberadaannya. Banyak orang bermimpi akan kehidupan yang ideal di masa depan. “Saya ingin mempunyai rumah pribadi di usia 30 tahun.” “Saya ingin sekolah di Amerika.” “Saya ingin keliling dunia.” “Saya ingin memberangkatkan kedua orang tua saya naik haji.” Kita menempel berbagai mimpi lainnya dalam kertas Post-It di dinding dan tempat inspirasi untuk memberi kita semangat dan motivasi agar bisa mencapai mimpi tersebut.
            Mimpi, bermimpi, dan menjadi pemimpi itu penting karena memberi kita seribu satu alasan untuk tetap hidup dan bergerak untuk mewujudkannya. Sayangnya, mimpi itu perlahan menguap satu persatu karena kita tak mampu menjaganya. Kita tak bisa menggenggam mimpi yang sudah dirancang sedemikian rupa karena kita lupa akan adanya ketidakpastian dalam hidup. Bukankah dalam hidup, hal yang pasti hanyalah ketidakpastian itu sendiri?
            Mimpi itu dibuyarkan tatkala kita harus mengeluarkan uang untuk pengobatan di rumah sakit. Belum lagi membayar tagihan rumah, air, listrik, sekolah, dan berbagai macam tagihan lainnya. Alhasil, dana yang selama ini dikumpulkan terpaksa harus dikeluarkan untuk hal yang tidak terduga. Kalau sudah begini, mimpi itu hanya tinggal utopia belaka. Hidup seolah menjadi siklus kerja keras yang tidak kita nikmati, namun dijalani dengan penuh beban.
Sebagai orang yang mempunyai mimpi dan ingin mewujudkannya, melek finansial adalah sebuah kartu As yang harus dikuasai agar laju kehidupan dapat dikendalikan. Kita sadar bahwa kita hidup di masa yang serba sulit dan dipenuhi ketidakpastian. Harga BBM naik, kebutuhan pokok meningkat, biaya sekolah mahal, dan berbagai hal lainnya yang membuat hidup terasa begitu berat.     
Kita bekerja siang dan malam mencari uang, namun semua terasa sia-sia tatkala biaya sekolah, kesehatan, dan lain sebagainya terus merongrong kas keuangan kita. Ujung-ujungnya, hidup seolah menjadi siklus derita yang tidak berujung. Jangankan menikmati apa yang sudah kita kerjakan, membiayai hal-hal yang bersifat mendasar saja kita sudah ketar-ketir mencari uang. Uang seolah memperbudak kita untuk terus bekerja dan bekerja.
Maka dari itu, kita perlu mempersiapkan semua kemungkinan yang ada agar kehidupan kita dapat berjalan sesuai rencana. Dalam hal ini, wealth management adalah solusi cerdas dalam mewujudkan masterplan kehidupan secara tepat, terarah, dan terukur. Wealth management dapat diartikan sebagai bagaimana cara kita mengelola kekayaan yang ada saat ini. Kita belajar merencanakan keuangan secara cermat, namun penuh perhitungan agar uang yang kita kumpulkan mampu memberi kebahagiaan bagi kehidupan kita di masa mendatang.
Kecil bahagia, muda hidup senang, tua kaya raya, dan mati masuk surga. Kita semua ingin hidup sesuai prinsip tersebut. Maka dari itu, kita perlu memproyeksikan kehidupan kita jauh ke depan agar kita dan keluarga bisa menikmati hal tersebut secara optimal. Kita harus membuat masterplan yang mengukur sejauh mana risiko dan konsekuensi dari setiap pilihan, kemudian menentukan apa yang terbaik untuk dilakukan sejak dini.
Banyak orang merasa asing dengan istilah wealth management. Padahal, wealth management lekat sekali dengan kehidupan kita sehari-hari. Tatkala kita mempunyai uang 100.000 rupiah, apa yang akan kita lakukan dengan uang tersebut. Misalnya, kita mengalokasikan dana 50.000 rupiah untuk membeli keperluan rumah tangga, 20.000 rupiah untuk transportasi, dan sisanya dimasukkan dalam tabungan. Peristiwa kecil kehidupan ini adalah contoh nyata wealth management. Kita merencanakan, memproyeksikan, dan mengalokasikan dana yang kita miliki dalam pos-pos yang kita inginkan.
Tatkala kita ingin membeli rumah di usia 30 tahun, kita harus mempersiapkan strategi pendanaan yang tepat agar tujuan yang kita inginkan dapat tercapai. Dalam segi investasi, kita mengenal berbagai produk perbankan, mulai dari reksadana, obligasi, saham, deposito, tabungan, dan lain sebagainya. Kita harus memilih produk perbankan yang tepat agar uang yang kita miliki dapat mencukupi kebutuhan yang ada di masa mendatang, serta mampu mewujudkan mimpi yang kita inginkan.
Seringkali banyak orang tergiur dengan produk yang mampu menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat, seperti saham. Padahal, tingkat keuntungan yang tinggi berbanding lurus dengan tingkat risiko yang harus ditanggung. Akibatnya, banyak orang yang justru gulung tikar akibat menginvestasikan semua aset yang dimiliki pada saham akibat salah perhitungan, timing, dan strategi.
Sebagai masyarakat yang cerdas, kita harus mampu mengidentifikasi tipe orang seperti apakah diri kita. Apakah kita orang yang konservatif, moderat, ataukah agresif dalam hal investasi? Jika kita tidak berani mengambil risiko, maka pilihlah produk investasi yang aman, seperti deposito dan tabungan yang dijamin LPS. Jika kita sedikit berani atau ingin mencoba, cobalah produk reksadana terproteksi atau sedikit bermain saham. Namun jika kita sangat berani dan ingin mencoba keberuntungan, maka belilah saham. Hanya saja, kita harus menyadari bahwa setiap pilihan mempunyai konsekuensi yang berbeda.
Lantas bagaimana cara kita menentukan apa, berapa, dan bagaimana uang yang harus kita tabungkan? Jawabannya sangat sederhana, yakni hitung selisih pendapatan dan pengeluaran yang kita lakukan. Jika terdapat sisa, janganlah dihambur-hamburkan layaknya hidup hanya untuk hari ini. Sisa uang tersebut dapat dialokasikan untuk membeli produk perbankan yang dapat menunjang kehidupan kita di masa mendatang. Membeli obligasi, reksadana, ORI, saham, dan lain sebagainya dapat kita lakukan dari sisa dana setelah semua kebutuhan pokok terpenuhi.
Setelah itu, petakan apa yang menjadi mimpi kita. Saya ingin sekolah di Amerika. Maka dari itu, kita harus menanamkan modal dalam produk investasi yang mampu membuat uang kita bertumbuh. Jangan sampai cita-cita kita sekolah di Amerika, tapi uang kita simpan dibawah bantal. Uang tersebut akan stagnan, bahkan riskan dicuri orang. Kita harus membuat uang bekerja untuk kita lewat pemilihan produk investasi yang tepat dan sesuai waktunya.
Setelah itu, alokasikan dana sisa yang kita miliki dalam pos yang berbeda. Berikan persentase yang berlainan untuk setiap pos agar risiko yang kita miliki semakin kecil. Terbayang rasanya jika kita menanamkan dana di satu sektor dan sektor tersebut mengalami kemunduran, maka dana kita pun akan turut lenyap bersamanya. Memecah belah dana menjadi beberapa bagian adalah salah satu strategi agar uang kita mampu berkembang dari berbagai sektor.
Dalam mencapai hal tersebut, maka kita membutuhkan partner yang handal dan sudah berpengalaman di bidangnya. Sun Life Financial, salah satunya. Dengan produk proteksi dan pengelolaan keuangan unggulan, PT Sun Life Financial Indonesia memberikan Lonely Planet terbaik dalam mencapai destinasi kesuksesan yang dituju. Apalagi Sun Life Financial sudah beroperasi sejak 1995 dan mempunyai tingkat Risk Based Capital (RBC) 379 persen, tentu kita tak perlu ragu lagi mempercayakan dana kita pada ahlinya.
Sama seperti slogan “Life’s brighter under the sun”, Sun Life Financial selalu membantu keluarga Indonesia melek finansial untuk mencapai kesejahteraan. Sun Life Financial juga memberi perlindungan keluarga dengan produk yang mencakup tiga kebutuhan keuangan mendasar, mulai dari perlindungan, tabungan, dan investasi.
Salah satu wealth management yang dapat kita lakukan adalah melalui produk proteksi. Kita tak tahu kapan diri kita atau anggota keluarga akan sakit atau terkena penyakit tertentu. Kita pun sadar bahwa biaya rumah sakit tidaklah murah dan dapat menguras semua harta kekayaan kita. Maka dari itu, kita perlu melindungi aset yang kita miliki dengan asuransi. Sun Life Financial mempunyai produk proteksi, seperti Sun Medicash, Sun Golden Life, dan Term Life.
Dari segi simpanan dan investasi, Sun Life Financial mempunyai Sun FortuneLink, Brilliance Fortune, Brilliance Sejahtera, dan Brilliance One Protection Plus. Setiap produk dirancang sesuai kebutuhan dan keinginan kita untuk meraih apa yang kita inginkan di masa mendatang. Sun Life Financial berusaha menjadi kompas dan kalkulator berjalan yang mampu memberi kita gambaran berapa dana yang harus kita siapkan dan apa yang akan kita dapatkan dengan mengikuti produk tertentu.
Melihat berbagai kemudahan yang diberikan Sun Life Financial, merancang mimpi tidaklah sesulit yang kita kira. Kita bisa mengendalikan mimpi sama halnya dengan mengendalikan keuangan secara cermat melalui produk Sun Life Financial. Kita tak perlu khawatir akan ketidakpastian dengan produk proteksi, serta kemampuan untuk membaca peluang lewat produk investasi yang ada. Uang tak lagi menunggu untuk dicari, tetapi uang akan bekerja untuk kita.
Melalui wealth management yang ditawarkan Sun Life Financial, kita bisa mewujudkan masterplan kehidupan dengan tahap-tahap yang jelas. Langkah kehidupan kita terarah dan kondisi finansial kita pun selalu meningkat. Mimpi yang semula hanya angan belaka kini bisa diwujudkan menjadi kenyataan dalam waktu yang kita inginkan. Maka dari itu, mari kita kelola kekayaan untuk membangun kehidupan yang lebih baik hari ini, esok, dan seterusnya!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment