Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Tuesday, September 30, 2014

Aplikasi Penuh Kreasi

Lomba Karya Tulis XL Awards 2014
Tema : “Kreativitas Tanpa Batas”
Pilihan Tema : “Munculnya beragam aplikasi dalam teknologi komunikasi yang mampu memudahkan kehidupan manusia”


Aplikasi Penuh Kreasi
            Pada awal tahun 1990, handphone boleh dikatakan barang mewah yang dimiliki masyarakat kalangan menengah ke atas. Saat itu, ukuran handphone sangatlah besar dan tidak praktis untuk digenggam. Fungsinya pun masih sederhana, yakni telepon dan mengirim pesan singkat (SMS). Tak heran jika handphone pada saat itu sering disebut “batu bata” yang bisa berbicara.
            Seiring berjalannya waktu, handphone mengalami transformasi yang dinamis. Berawal dari bentuk raksasa dan berat, berubah menjadi kecil dan ringan, kini handphone berubah bentuk menjadi lebar, touch screen, dan mempunyai aplikasi yang canggih. Fungsi handphone pun tidak lagi sebatas hanya telepon dan SMS, tetapi menawarkan pengalaman baru dalam bidang teknologi komunikasi.
            Fitur yang tersedia pada handphone pun bervariasi, mulai dari kamera, sosial media, chatting, hingga games. Tak heran rasanya jika keberadaan perangkat elektronik lagi mulai tergantikan dengan alat teknologi komunikasi yang satu ini mengingat fungsinya yang kian canggih dan all in one. Hanya dengan satu genggaman, kita bisa mengerjakan berbagai hal dengan cepat dan mudah.
            Perkembangan teknologi komunikasi ini juga merangsang gairah anak muda untuk berkarya melalui aplikasi yang tersedia. Anak muda kini semakin aktif memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri karena kemudahan yang ditawarkan. Sebut saja, Dong Nguyen yang menciptakan games fenomenal Flappy Bird yang sempat membuat kita jengkel ketika menabrak tiang yang ada. Hanya lewat aplikasi games, Dong Nguyen mendadak menjadi anak muda Vietnam yang kaya raya.
            Apps Store dan Play Store seolah menjadi bank aplikasi yang sanggup menampung ide-ide cerdas anak muda penggemar IT untuk memajukan teknologi komunikasi dengan kemampuan yang mereka miliki. Umumnya, aplikasi yang ada lahir karena mereka mampu menangkap kebutuhan dan mempersonifikasikan hal tersebut dalam bentuk aplikasi. Alhasil beragam aplikasi teknologi komunikasi hadir untuk memudahkan kehidupan manusia secara menyenangkan dan inovatif.
            Siapapun kini bisa menjadi siapa saja dengan aplikasi yang ada. Sebut saja, Instagram. Aplikasi yang identik dengan album foto ini bisa menjadi sarana wirausaha yang efektif dan menjanjikan. Bagi para penggemar fashion, Instagram sangat berguna untuk mempromosikan produk dengan foto-foto yang menawan. Apalagi fitur pencahayaan yang bisa disesuaikan dapat membuat foto terlihat begitu “hidup”. Instagram membuat kita mampu menjadi toko online tanpa biaya sepeserpun.
            Aplikasi lain yang tak kalah pentingnya adalah Skype. Jika selama ini, kita hanya bisa bertelepon tanpa bertatap muka untuk berkomunikasi dengan rekan kita di luar kota atau negeri, Skype memungkinkan kita untuk melakukan komunikasi dua arah. Cukup dengan koneksi jaringan seluler atau internet, kita bisa terhubung dengan keluarga yang jaraknya ribuan kilometer. Skype mendekatkan lokasi yang jauh menjadi terasa dekat dan mudah.
           Keberadaan aplikasi chatting juga sangat mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia, sebut saja, BBM, Line, Whatsapps, KakaoTalk, WeChat, dan lain sebagainya. Jika selama ini, kita harus berpikir matang untuk SMS mengingat harga 1 SMS yang lumayan mahal, kini mengirim pesan singkat hanya modal Wi-Fi saja tanpa biaya. Kita tidak hanya bisa mengirim pesan, tapi juga stiker lucu yang menggemaskan. Komunikasi menjadi mudah dan menyenangkan bersama aplikasi chatting ini.  
            Berbagai aplikasi lainnya, seperti perbankan, bioskop, photoshop, video, dan lain sebagainya membuat hidup kita terasa lebih mudah. Kita tak lagi membutuhkan perangkat yang banyak dan sulit mengoperasikannya. Kini cukup satu teknologi komunikasi di tangan dan semua akan menjadi lebih mudah. Aplikasi membuat kita mampu melakukan semua hal secara efektif dan efisien.
            Sebuah PR besar bagi kita selaku insan muda Indonesia adalah menciptakan aplikasi yang bermanfaat untuk melestarikan kearifan lokal yang kita miliki. Banyak sekali kearifan lokal yang ada di Indonesia, mulai dari lagu daerah, dongeng, legenda, pakaian adat, dan lain sebagainya yang belum terdokumentasi dengan baik. Lewat teknologi komunikasi yang ada, kita bisa membantu pemerintah menyelamatkan budaya dan tradisi kita lewat dokumentasi digital melalui aplikasi.
            Budaya Indonesia dapat dikemas dalam games interaktif dengan theme song lagu daerah untuk memperkenalkan kekayaan bangsa Indonesia yang selama ini belum terinventaris dengan baik. Games bertema petualangan atau action mungkin dapat dikembangkan agar budaya tak dipandang kuno, tetapi juga menyenangkan dan membuat kita merasa memiliki, mencintai, dan menjaga harta karun tersebut.
            Aplikasi itu juga membuat kita lebih kreatif dalam menciptakan teknologi komunikasi yang tidak hanya canggih, tapi juga mempunyai sentuhan etnik. Hal ini juga dapat membuat daya saing aplikasi anak bangsa Indonesia bernilai tinggi karena autentik dan mempunyai ciri khas yang tidak dapat ditiru oleh pihak manapun juga.
            Pada akhirnya, teknologi komunikasi akan terus berkembang. Beragam aplikasi akan terus diciptakan dan dimanfaatkan untuk memudahkan kehidupan. Sebagai anak muda Indonesia yang kreatif, marilah kita menjadi pencipta, bukan hanya pengguna aplikasi. Ciptakan aplikasi yang penuh kreasi dan yakinlah bahwa aplikasi yang tidak terlihat bentuknya itu mempunyai nilai rupiah yang besar bagi pengembangan ekonomi kreatif kita. Selamat berkreasi lewat aplikasi!

~ oOo ~

No comments:

Post a Comment