Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Wednesday, February 29, 2012

Kekuatan Supranatural Internet : From Nobody to Somebody

AXIS Blog Writing Competition
Tema : “Eksis dengan Internet”

Kekuatan Supranatural Internet : Nobody to Somebody

Pada pertengahan abad ke-20, saat internet pertama kali ditemukan oleh sebuah universitas di Amerika Serikat, banyak orang berpikir bahwa internet takkan memberi dampak berarti bagi dunia. Anggapan bahwa internet adalah dunia khayalan yang terpisah jauh dari kenyataan terus tertanam dalam benak sebagian besar orang. Memang saat itu teknologi internet masih sangat sederhana dan aksesnya sangat terbatas bagi kalangan orang-orang tertentu saja. Akibatnya, internet hanya memberi sedikit dampak bagi perkembangan teknologi dunia.

Seiring perjalanan waktu, internet terus disempurnakan menjadi teknologi, informasi, dan komunikasi yang memberi andil sangat besar bagi perkembangan dunia. Hal ini ditandai dengan kemunculan para pembuat website unggul, seperti pendiri search engine Google, Yahoo!, MSN, dan lain sebagainya. Masyarakat dunia ternyata mulai terbantu dan tertolong untuk mencari informasi yang mereka butuhkan di internet. Alhasil, internet mulai digemari dan digandrungi oleh banyak orang di dunia.

Sifat manusia yang tak pernah puas, selalu kreatif, dan inovatif dalam menciptakan website membuat begitu banyak variasi website bermunculan di dunia maya. Sebut saja, Friendster sebagai situs jejaring sosial, Youtube sebagai situs berbagi video, dan lain sebagainya. Hal ini menjadikan internet sebagai media yang mampu merangkul semua kalangan, mulai dari tua sampai muda. Internet mampu menjadi sebuah dunia baru yang terkoneksi dengan dunia nyata. Tentu anggapan ini berbeda 180 derajat dibandingkan pada saat internet ditemukan pertama kali.

Memasuki era globalisasi di abad ke-21, kontribusi internet bagi dunia ternyata semakin dirasakan oleh semua orang. Masyarakat dunia kini tidak lagi terkotak-kotak dan terpisah jarak karena perbedaan wilayah secara geografis dan teritorial, melainkan terhubung satu sama lain melalui jaringan kabel optik yang mampu membawa arus informasi dari satu tempat ke tempat lain hanya dalam waktu sekejap. Internet telah menyatukan semua bangsa di dunia melalui konten, situs jejaring sosial, dan sarana-sarana lainnya, sehingga memudahkan kita untuk mengalami akulturasi dan asimilasi budaya.

Melihat semakin besarnya pengaruh internet bagi kehidupan dunia, internet kini seolah memiliki kekuatan supranatural yang tidak tampak, namun dapat kita rasakan secara nyata oleh banyak orang di dunia. Pernahkah kita sadari bahwa begitu banyak orang biasa di dunia ini yang mendadak menjadi seseorang yang sangat berpengaruh dan dikenal oleh banyak orang di dunia karena kekuatan supranatural internet? Mari kita simak kisah-kisah orang biasa yang mendadak menjadi luar biasa karena kemampuan mereka mengoptimalisasikan internet.

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan sosok Justin Bieber. Bagaimana tidak? Penyanyi muda berbakat ini mendadak terkenal karena kekuatan supranatural internet. Siapa sangka keisengan orang-orang tercintanya yang mengupload video berisi rekaman Justin yang sedang menyanyi ke situs YouTube mampu membuat pandangan dunia tertuju padanya? Sebuah video yang sederhana dan tidak dirancang spesial itu mampu mengubah seorang remaja biasa menjadi luar biasa seperti Justin Bieber yang saat ini sudah mengelilingi dunia untuk menggelar konser.

Tak ketinggalan, Greyson Chance yang memiliki kisah serupa dengan Justin Bieber. Jika Justin boleh dikatakan sebagai generasi perintis, Greyson Chance boleh dikatakan sang pengikut yang mengikuti jejak Justin dengan mengupload video ke YouTube untuk disaksikan banyak orang di seluruh dunia. Alhasil anak muda yang usianya beberapa tahun lebih muda dari Justin ini turut memetik hasil kerja kerasnya dengan menggelar berbagai konser di seluruh dunia.


YouTube juga boleh dikatakan sarana yang ampuh untuk membuat masyarakat biasa menjadi luar biasa di Indonesia. Siapa sangka tarian lip-sync Sinta dan Jojo yang menarikan lagu Keong Racun mampu membuat mereka eksis di internet dan dunia nyata? Ada juga Norman Camaru yang menarikan lagu Chaiya-Chaiya dengan seragam kepolisiannya dan mampu menarik perhatian banyak orang hingga ia kini menjadi seorang public figure. Tak ketinggalan, Ayu Ting Ting yang menyanyikan lagu Alamat Palsu dengan gayanya yang khas dan mampu menjadi sebuah trendsetter tersendiri yang menyajikan dangdut dengan sajian Korea.

Beralih dari YouTube, kekuatan supranatural juga ternyata mampu menjangkiti ranah situs jejaring sosial Facebook. Masih segar di ingatan kita, Facebook merupakan media yang ampuh bagi masyarakat Indonesia untuk menggalang dukungan. Kasus Prita Mulyasari, misalnya. Konflik Prita dengan RS Omni mampu menarik simpati masyarakat yang akhirnya mengumpulkan koin untuk membantu Prita keluar dari persoalan yang sedang dihadapinya. Ada juga gerakan Koin untuk Bilqis yang menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat Indonesia sangat tinggi dalam menolong sesama. Terlihat dengan jelas bahwa internet sanggup menjadikan seseorang yang biasa menjadi eksis dengan kekuatan supranaturalnya.

Internet juga mampu mengubah Twitter menjadi sebuah media promosi bisnis online yang paling prospektif di Indonesia. Keripik pedas @maicih berhasil menjadi makanan ringan terpopuler di Bandung dan seluruh Indonesia berkat promosi mereka dengan gencar di Twitter. Dengan bermodalkan Rp 2 juta saja, Reza Nurhilman dan kawan-kawan sanggup mengolah keripik yang dianggap makanan kampung ini menjadi beromzet milyaran. Sungguh sebuah keajaiban yang tidak masuk akal, namun terjadi dan kita alami di dunia nyata. Itulah kekuatan supranatural internet.

Ranah blog juga tak ketinggalan dilingkupi kekuatan supranatural yang ajaib dari internet. Siapa yang tak kenal Raditya Dika. Blogger yang hanya menuliskan pengalaman kocaknya saat belajar di Australia ini justru menjadi populer dan kini menjadi public figure tersendiri karena gaya kreatif tulisannya yang digemari masyarakat. Tak ketinggalan Agnes Danovar yang memulai debut menulisnya secara online sebelum akhirnya mereka mampu menerbitkan berbagai buku best seller yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Internet sanggup mengubah siapapun menjadi seseorang yang terkenal dan memiliki andil bagi banyak orang.

Melihat begitu banyak orang biasa yang disulap menjadi luar biasa di dunia maya ini, rasanya kita tak perlu meragukan lagi kekuatan supranatural internet. Internet kini bukan lagi dunia yang terpisah dengan dunia nyata, melainkan menjadi sebuah komponen yang utuh dari perubahan zaman. Dunia maya dan nyata kini sudah terkoneksi dan saling melengkapi satu dengan yang lainnya, sehingga kesuksesan kini bukan lagi monopoli orang-orang tertentu saja, melainkan semua orang kini bisa menjadi diri mereka sendiri yang unik dan potensial.

Jadi apa saja yang perlu kita persiapkan agar mampu eksis dan menjadi bagian dari kisah kesuksesan orang-orang biasa yang menjadi luar biasa dari internet? Kita dapat melakukan AXIS yang diharapkan mampu menjadikan kita pribadi yang luar biasa dan mampu mengoptimalisasikan internet secara tepat dan berdampak besar.

A – Aplikatif

Internet adalah pedang bermata dua bagi siapapun yang menggunakannya. Tatkala kita bisa menggunakan dengan bijak, ia akan menjadi sebuah benda yang sangat berguna dan memiliki fungsi yang penting. Sebaliknya, ketika kita menyalahgunakan atau tidak tahu cara penggunaan yang baik dan benar, internet akan menjadi alat yang mematikan dan menghancurkan bagi siapapun yang menggunakannya. Melihat filosofi tersebut, maka sudah seyogianya kita menggunakan internet secara bijak dan bertanggung jawab.

Menjadi eksis di internet itu tidak harus selalu dengan cara yang sulit, rumit, dan membutuhkan mekanisme yang berbelit-belit. Kita bisa menunjukkan bakat dan kemampuan kita yang aplikatif di internet untuk bisa menjadi manfaat bagi banyak orang di dunia maya. Belajar dari kisah kesuksesan Kaskus, salingsapa.com, Artav Antivirus, dan karya-karya anak bangsa lainnya, kita bisa mengikuti jejak kesuksesan mereka.

Ketika kita hobi bermain internet, mari kita gali peluang bisnis apa saja yang bisa kita terapkan dan lakukan di dunia maya ini. Sebuah kisah kesuksesan yang patut kita tiru dan banggakan lahir dari anak bangsa Indonesia sendiri yang berhasil membuat games menarik untuk dimainkan jutaan orang di dunia. Jika kita berbakat dalam merancang sebuah aplikasi yang menarik dan seru, buatlah itu menjadi sebuah peluang bisnis dan sarana mempromosikan karya anak bangsa secara luas. Tak heran jika kita mampu melakukannya, kita akan menjadi pribadi yang eksis dan patut dibanggakan oleh Indonesia.

X – Xtra

Ketika kita ingin eksis dengan internet, maka kita harus sadar bahwa kita harus menjadi pribadi yang berbeda dari kebanyakan orang. Banyak orang hanya menggunakan internet hanya untuk mengupdate status, mengomentari kegalauan seseorang, melihat foto kecengan, atau sekadar blogwalking saja. Hal ini tentu hanya menjadikan kita pribadi yang biasa-biasa saja tanpa ada ciri khas dan keunikan yang patut dibanggakan.

Tatkala kita ingin menjadi seseorang, maka kita harus berkarakter dan berperilaku seperti seseorang tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan hal ekstra yang mungkin belum pernah orang lain lakukan. Hal ekstra tersebut bisa kita lakukan dengan hal-hal simpel yang sederhana, namun memberi manfaat bagi banyak orang. Kita bisa menulis posting secara rutin di blog, memberi kata mutiara di status Facebook, mempromosikan bisnis secara gencar, dan melakukan hal-hal lainnya secara ekstra dibandingkan orang lain.

Yakinlah kesuksesan akan menghampiri orang yang berusaha keras dan cerdas. Siapa tahu suatu kali blog yang kita buat dilirik oleh produser dan dijadikan ide dasar sebuah sinetron atau diterbitkan oleh penerbit ternama di dunia. Kita tak pernah tahu jika mungkin status yang kita buat di Facebook sanggup mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik. Kita juga mungkin tak sadar kalau bisnis yang kita promosikan secara gencar kelak akan menjadi sebuah bisnis yang besar di kemudian hari. Apapun bisa terjadi karena tidak ada hal yang mustahil di dunia ini.

Melakukan hal dengan ekstra akan memberi kita hasil yang ekstra pula dalam kehidupan kita.

I – Independen

Dalam berkarya di dunia maya, kita juga harus independen atau berdiri sendiri. Berdiri sendiri dalam hal ini adalah mampu berkarya secara unik dan memiliki orisinalitas yang tinggi. Kita bisa membangun bisnis online yang memiliki konsep unik, misalkan terdapat sistem lelang secara berkala. Kita juga bisa mengupload lagu karya kita dengan nuansa keIndonesiaan secara berkala via situs yang memungkinkan kita berbagi. Buatlah semua karya kita secara orisinal agar orang mampu mengapresiasi dan tidak memberi cap diri kita plagiat.

Musisi yang ternama dari internet mungkin bisa kita lihat pada sosok penyanyi lagu Gayus Tambunan beberapa waktu yang lalu. Ada juga Udin Sedunia dan lain sebagainya. Tak hanya diranah musik, kita juga bisa mengupload video atau foto yang memberikan inspirasi dan manfaat bagi orang yang melihatnya. Ingat, buatlah segala sesuatu secara unik agar ketika orang melihat karya tersebut, mereka hanya tertuju pada diri kita saja sebagai pembuatnya.

Independen dalam internet membuat kita tidak menjadi orang rata-rata dalam berkarya di dunia maya.

S – Siaga

Membuat diri kita eksis dengan internet juga dibutuhkan kesiagaan dan kewaspadaan dalam melihat peluang yang ada di internet. Kita melihat begitu banyak saat ini perusahaan yang membuat website atau promosi online yang menarik di dunia maya. Tentu kita tidak ingin melewatkan kesempatan-kesempatan berharga yang ada di dunia maya, seperti interview atau jabatan yang oke karena kendala teknis, bukan? Audisi bakat via online yang gencar dilakukan pun perlu kita waspadai agar tidak ada kesempatan yang terlewat dengan sia-sia.

Siaga dalam hal ini adalah waspada untuk selalu menggunakan produk atau peralatan terbaik dalam berkarya. Contohnya, internetan dengan AXIS. Dengan AXIS, tentu kita bisa berkarya di dunia maya tanpa hambatan sekalipun karena koneksi internetnya yang lancar dan memuaskan. Berbeda jika kita memakai internet dari provider abal-abal, bisa-bisa kita dibuat stres oleh loadingnya dan akhirnya menghambat diri kita untuk berkarya.

Sebagai calon orang yang eksis dengan internet, sikap siaga itu perlu agar setiap kesempatan yang ada mampu termanfaatkan dengan baik.

AXIS dijamin mampu menjadikan kekuatan supranatural internet bekerja pada diri kita. Kita yang awalnya orang biasa-biasa saja akan disulap menjadi orang luar biasa berkat AXIS yang kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, mari kita eksis dengan internet bersama AXIS!

Yuk kita tengok http://duniaaxis.co.id/ untuk eksis dengan internet!

No comments:

Post a Comment