Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Sunday, January 8, 2012

JUARA : Optimalisasi Internet Sebagai Katalisator Realisasi Resolusi 2012

Lomba Blog Resolusi Juara 2012

JUARA : Optimalisasi Internet Sebagai Katalisator Realisasi Resolusi 2012

Setiap awal pergantian tahun, seringkali kita membuat sebuah komitmen, janji, atau target yang ingin kita capai selama setahun mendatang. Dengan optimis dan penuh semangat, kita menuliskan berbagai hal yang ingin kita lakukan dan harapkan tercapai dalam menjalani hari-hari mendatang di tahun yang baru. Semua ritual tahunan itu kita lakukan demi adanya sebuah progres atau perbaikan berarti dari kehidupan kita di tahun sebelumnya.

Tak heran kegiatan ini dinamakan resolusi. Resolusi sendiri terdiri dari 2 kata, yakni re (mengulang kembali) dan solusi yang berarti mencari solusi kembali. Memasuki tahun 2012, kita tentu harus belajar dari kesalahan kita di masa lalu dan meningkatkan performa atau kinerja kita di tahun yang akan datang. Berkaca dari tahun 2011, kita harus melihat apa saja yang menjadi kendala dan hambatan dalam pencapaian resolusi kita di tahun sebelumnya. Setelah itu, kita harus memikirkan bagaimana solusi yang tepat dalam mencapai sasaran atau target hidup kita secara tepat. Hal ini akan menjadikan pribadi kita lebih matang dan dewasa dari hari ke hari.

Bagi saya pribadi, resolusi itu ibarat seekor singa yang sedang mengejar mangsanya. Dalam hal ini, mangsa yang dimaksud adalah keinginan diri saya untuk terus maju dan berkembang dari hari ke hari. Ketika saya membuat resolusi, maka saya seolah ditantang untuk mencapai resolusi tersebut dengan baik, tak peduli apa yang menjadi kelemahan atau berbagai alasan yang menguatkan diri saya untuk menyerah. Jiwa saya serasa dipacu untuk mencapai resolusi tersebut dengan sebaik-baiknya.

Ketika lonceng 2012 berbunyi, ada sebuah keraguan, ketidakpastian, dan tanda tanya besar dalam benak saya. Akankah tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya? Akankah kesuksesan yang pernah saya capai di tahun 2011 bisa saya capai kembali dengan lebih baik di tahun 2012? Semua pertanyaan itu akan saya jawab dengan aksi nyata yang akan saya lakukan dalam resolusi 2012 yang saya rangkum dalam JUARA. Diharapkan resolusi JUARA mampu menjadikan diri saya menjadi lebih baik dan berprestasi di tahun 2012.

J – Jadi Diri Sendiri

Bagi saya, menjadi diri sendiri itu bukan berarti bagaimana saya menunjukkan identitas diri saya dengan hal yang tidak lazim, seperti mengubah penampilan secara drastis, melainkan bagaimana saya menempatkan pemikiran original saya untuk kemajuan diri saya dan orang lain. Melihat berbagai tren yang beredar di masyarakat, mulai dari fenomena Boyband dan Girlband yang sangat booming saat ini di Indonesia, gaya hidup Barat yang diadopsi masyarakat Indonesia, serta berbagai hal lainnya, saya sangat ingin menjadi trendsetter dari tren itu sendiri, bukan follower.

Hal tersebut akan saya realisasikan dengan optimalisasi internet sebagai katalisator yang ampuh dalam merealisasikan resolusi 2012 saya. Dalam hal ini, saya berusaha menjadikan dan mengukuhkan jati diri saya sebagai penulis dan blogger. Dengan bantuan internet, saya bisa menghimpun, bergabung, atau bahkan mendirikan komunitas online yang dapat diberdayakan untuk membantu, mendorong, dan memotivasi saya untuk terus maju dan berkembang.

Selain itu, internet juga akan saya gunakan untuk mempublikasikan diri saya secara terbuka bahwa menulis dan blogging adalah jiwa dan darah yang mengalir dalam tubuh saya. Hal ini akan menjadikan diri saya seorang pribadi yang utuh dan bisa menjadi diri sendiri tanpa terbawa arus zaman. Semoga dengan langkah ini, orang lain pun dapat tertarik dan ikut serta untuk memulai aktivitas yang menyenangkan sebagai seorang blogger.

U – Uang

Peningkatan kualitas kehidupan secara finansial pun menjadi resolusi saya yang berikutnya. Dengan bantuan internet, saya berencana membuka bisnis online dengan optimalisasi media jejaring sosial yang diharapkan mampu menjadi sarana penghasilan yang dapat diandalkan di masa mendatang. Resolusi ini tentunya bukan tanpa alasan. Mengamati kesuksesan keripik pedas fenomenal Maicih yang dikemudikan Reza Nurhilman dengan pemanfaatan Twitter, saya yakin bisnis online adalah bisnis yang cukup prospektif dan sangat mungkin untuk dilakoni mahasiswa seperti saya dengan modal yang cukup rendah.

Menjadi entrepreneur muda yang handal melalui bisnis online diharapkan dapat tercapai dan membawa diri saya menuju kesuksesan secara finansial, mampu membiayai kuliah secara mandiri, dan memiliki penghasilan yang tetap untuk bekal di masa mendatang. Selain itu, saya juga akan berupaya mempelajari kemampuan dalam bidang periklanan di blog, seperti Google Adsense guna menjadikan blog saya bernilai finansial. Semoga dengan langkah tersebut, finansial yang saya dapatkan di tahun 2012 dapat jauh lebih banyak secara kuantitas dalam menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

A – Achievement

Melalui internet, saya juga berharap pencapaian saya di tahun 2012 akan jauh lebih meningkat dibandingkan dengan tahun 2011. Hal tersebut akan saya lakukan dengan mengikuti berbagai perlombaan menulis blog. Dengan mencari info lomba blog di internet secara berkala, saya bisa bersaing dengan banyak kompetitor untuk memperebutkan gelar juara. Diharapkan banyak lomba blog yang bisa saya menangkan untuk menambah catatan piagam penghargaan yang pernah saya dapatkan.

Selain itu, saya juga berharap bisa menjuarai berbagai kompetisi tingkat internasional dengan akses internet yang canggih. Pengiriman e-mail kepada panitia lomba, wawancara secara virtual yang dilakukan melalui Skype, dan pengunduhan dokumen yang dibutuhkan akan berlangsung dengan optimal jika didukung dengan akses internet yang cepat. Tentunya peningkatan kemampuan diri juga akan saya lakukan agar tetap mampu bersaing melawan kompetitor muda yang akhir-akhir bermunculan di ranah lomba-lomba yang saya ikuti.

R – Rekan

Di tahun 2012, saya juga berharap mendapatkan partner untuk mendirikan sebuah gerakan positif dan inspiratif yang diharapkan mampu membangun masyarakat Indonesia menjadi lebih baik. Hal tersebut akan saya lakukan dengan mendirikan sebuah halaman atau grup di Facebook untuk menjaring kepedulian masyarakat akan gerakan hijau. Jika selama ini, gerakan hijau seolah diabaikan dan kurang mengena kepada masyarakat. Saya berharap kehadiran halaman atau grup yang saya buat mampu menjadi pemacu bagi masyarakat untuk ambil bagian dalam upaya penyelamatan lingkungan.

Tentunya hal tersebut saya lakukan dengan menyebarluaskan tips menjaga lingkungan secara mudah dan praktis di rumah, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Diharapkan ekspetasi dan persepsi masyarakat selama ini terhadap upaya penyelamatan lingkungan yang terkesan ribet dan rumit mampu dipatahkan. Masyarakat menjadi lebih aktif dan mampu ikut serta menjadi rekan kerja saya dalam menyebarkan gerakan positif di Facebook melalui teknologi internet.

A – Apply Scholarship

Satu hal baru yang ingin saya coba lakukan di tahun 2012 adalah mengajukan beasiswa pendidikan ke berbagai lembaga perguruan tinggi di luar negeri. Dengan bantuan internet, saya berharap media komunikasi saya dengan pihak penyelenggara beasiswa dapat berjalan dengan lancar. Peningkatan kemampuan bahasa melalui pelajaran yang didapatkan di Google, serta informasi yang dibutuhkan dengan pencarian di search engine mampu membantu saya untuk diterima dalam beasiswa yang diidam-idamkan.

Tentunya resolusi ini akan meringankan beban orang tua saya dalam membiayai pendidikan, sekaligus menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya karena mampu belajar dan menimba ilmu di negeri asing.

Diharapkan resolusi JUARA mampu menjadikan diri saya jauh lebih baik di tahun 2012. Dengan bantuan dan optimalisasi internet, saya berharap realisasi resolusi 2012 tidak lagi menjadi hal yang sulit secara teknis, melainkan mampu menjadi katalisator untuk menjadi banyak hal besar yang menanti di tahun 2012. Sampai saat itu tiba, saya akan terus berusaha dan berdoa agar resolusi JUARA yang dibuat mampu menjadikan saya juara sejati, baik dalam segi sosial, finansial, kesehatan, dan aktualisasi diri!

No comments:

Post a Comment