Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Saturday, December 31, 2011

Optimalisasi Potensi Daerah Berbasis Kerakyatan

Lomba Blog DPD RI
Tema : “Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI”

Optimalisasi Potensi Daerah Berbasis Kerakyatan

Seandainya saya menjadi anggota DPD RI, saya akan membenahi berbagai kekurangan dan mengoptimalkan potensi yang ada di daerah saya agar progresivitas kemajuan daerah saya dapat berjalan dengan lancar secara efektif dan efisien. Sebagai wakil dari wilayah Jawa Barat, saya akan membuat agenda “Bandung Berseri 2012”, di mana akan saya wujudnyatakan dengan pembersihan sampah yang menggunung di bahu jalan secara aktif dan berkesinambungan. Selain itu, saya juga akan membangun sentra pengolahan sampah organik dan anorganik yang diharapkan mampu mendegradasi debit sampah yang ada di Jawa Barat, sekaligus menjadi alternatif usaha baru di bidang entrepreneurship dengan produk hasil pengolahan sampah tersebut.

Sebagai anggota DPD RI, saya pun akan menganalisis potensi ekonomi daerah yang selama ini belum tergali dengan baik di Indonesia. Di Kota Bandung, saya akan melakukan revitalisasi terhadap sentra sepatu Cibaduyut yang akhir-akhir ini mulai meredup kejayaannya. Saya akan berusaha menghidupkan kembali potensi ekonomi yang ada dengan menggerakkan masyarakat sekitar sebagai motornya. Dengan pendanaan dari Pemerintah Daerah (Pemda) diharapkan sentra sepatu Cibaduyut dapat kembali bangkit dan digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak hanya itu, saya juga akan membenahi kemacetan yang ada di Kota Bandung. Sebagai kota yang menjadi destinasi favorit masyarakat ibukota, saya akan mencoba menerapkan regulasi baru terhadap pihak swasta dan investor yang menanamkan modal. Sebagai penanam modal, mereka diwajibkan menyediakan lahan parkir yang memadai agar tidak menimbulkan kemacetan di Kota Bandung. Selain itu, saya juga akan mencoba menerapkan program “Bus Lindung”, di mana wisatawan dari luar kota Bandung diwajibkan menggunakan bus untuk mengelilingi Kota Bandung yang telah disiapkan Pemda. Diharapkan penerapan kegiatan ini mengurangi debit kendaraan yang ada di Kota Bandung.

Sebagai DPD RI Jawa Barat, saya juga akan mengembangkan sentra kerajinan tangan di Tasikmalaya. Pemda akan mengakomodasi pemodalan UKM yang ada guna menunjang kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Pemda juga akan berusaha memasarkan dan meningkatkan nilai jual produk kerajinan yang ada dengan melakukan ekspor ke negara-negara lain. Diharapkan eksistensi Tasikmalaya semakin bersinar dengan adanya program ini.

Saya pun akan mencoba mengatasi masalah kebanjiran yang kerapkali melanda wilayah Bandung Barat dengan analisis geografis yang tepat. Pemerintah akan berusaha membuat sistem drainase air yang tepat agar banjir tidak lagi melanda wilayah Bandung Barat. Selain itu, reboisasi dan revitalisasi lingkungan juga menjadi agenda penting yang akan saya lakukan mengingat dampak pemanasan global juga dipicu oleh banyaknya pembangunan apartemen dan mal yang ada di Kota Bandung.

Sebagai anggota DPD RI, saya akan mencoba memperkenalkan budaya Jawa Barat ke kancah internasional dengan aktif melakukan pertukaran pelajar ke luar negeri. Wakil pelajar atau mahasiswa dari Jawa Barat wajib menguasai seni tradisional Jawa Barat, mulai dari jaipongan, karawitan, angklung, dan lain sebagainya. Diharapkan kesenian Jawa Barat semakin eksis dan dikenal banyak orang di dunia karenanya.

Mungkin itu hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak angan yang ingin saya wujudkan bagi daerah saya, Jawa Barat tercinta. Semoga Jawa Barat akan semakin maju, sejahtera, dan senantiasa menunjukkan eksistensinya di Indonesia dengan berbagai perubahan yang dilakukan ke arah yang lebih baik. Aku bangga menjadi DPD RI Jawa Barat!

2 comments:

  1. Sangat inspiratif. Anda calon anggota DPD RI masa depan!

    ReplyDelete
  2. Setuju sama @Anita Sangat inspiratif. didukung untuk menjadi anggota DPD RI masa depan!

    ReplyDelete