Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Thursday, September 1, 2011

BEST : Optimalisasi Batam Today Sebagai News Portal Terdepan di Indonesia

Batam Today Blogger Kompetisi 2011 Kategori Pelajar
Tema : “Batam Today In My Opinion”

BEST : Optimalisasi Batam Today Sebagai News Portal Terdepan di Indonesia
Dunia maya itu ibarat sebuah negara. Di dalamnya terdapat berbagai komponen yang menunjang berlangsungnya aktivitas dan pemerintahan di dunia maya. Kita bisa melihat Google dan Yahoo! sebagai lembaga pencarian data yang handal di seluruh dunia. Ada juga Facebook dan Twitter yang menjadi taman pertemanan yang paling digandrungi oleh penduduk dunia maya. Tak ketinggalan Blogger, Multiply, Wordpress, dan lain sebagainya yang menjadi rumah pribadi penghuni dunia maya yang dapat diisi dengan tulisan, foto, maupun video yang menunjukkan kepribadian pemiliknya.

Dari sekian banyak komponen yang ada, kita mengenal News Portal sebagai salah satu pilar penunjang dan pengendali opini publik di dunia maya. Kita mengenal Kompas.com, Detik.com, Vivanews.com, dan lain sebagainya sebagai salah satu contohnya. Salah satu portal berita yang patut kita soroti bersama adalah Batam Today yang menjadi pionir berdirinya kantor berita digital di dunia maya yang ada di Batam dan Kepulauan Riau. Hadirnya Batam Today tentu menunjukkan bahwa kehadiran dan kemajuan teknologi informasi di Kota Batam dan Kepulauan Riau dapat dirasakan oleh masyarakat Batam dan Riau secara nyata.

Batam Today dapat dikatakan sebagai portal berita yang cukup unik. Dengan desain yang minimalis dan warna background putih yang mendominasi, Batam Today ingin menyajikan berita virtual layaknya harian umum atau koran fisik yang biasa kita baca. Secara umum, Batam Today boleh dikatakan cukup lengkap dalam mengupas berita-berita yang ada di Kota Batam, Kepulauan Riau, dan Indonesia pada umumnya.
Dengan segmentasi berita, seperti Sport News Today, Politik, Ekonomi Bisnis, Headline, Kesehatan, Hiburan, Seputar Kepri, dan Hukum dan Kriminal, Batam Today berusaha tampil sebagai media online yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga dapat mencerdaskan dan menghibur pembaca dengan konten-konten yang ada di dalamnya. Sebagai media online pertama dan terdepan di Batam dan Provinsi Kepulauan Riau, Batam Today juga berusaha tampil berbeda dengan hadirnya laporan ramalan cuaca, kurs mata uang, dan yang paling menonjol adalah kehadiran batamtoday TV.
Secara holistik, batamtoday TV boleh dikatakan sangat informatif dalam menginformasikan gerakan Visit Batam 2010. Penyajian dan pengolahan video berita yang dikemas secara menarik membuat promosi Visit Batam 2010 lebih efektif sebagai komplemen dari berita tulisan yang diberikan di Batam Today. Penulis rasa batamtoday TV harus lebih dioptimalkan secara maksimal guna memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat dengan lebih dikenalnya Batam di mata dunia.

Sebagai media online yang menjadi kebanggaan masyarakat Batam dan Kepulauan Riau, Batam Today tentu harus menjadikan dirinya sebagai News Portal yang mempunyai ciri khas dan mampu mempromosikan Batam ke kancah internasional. Apalagi misi yang diusung Kota Batam sangatlah besar, yakni menjadikan Batam sebagai digital island.
Dalam 10 tahun perkembangan teknologi dan informasi, misi ini tampak mustahil, namun menyadari perkembangan teknologi informasi yang pesat, mau tidak mau kita harus siap mewujudkan misi ini menjadi nyata. Salah satu cara untuk mewujudkan misi tersebut adalah dengan optimalisasi Batam Today sebagai News Portal terdepan di Indonesia yang dapat diimplementasikan dengan BEST.

B – Belajar

Sebagai News Portal lokal, Batam Today harus terus belajar untuk memperbaharui dan menyempurnakan konten yang ada. Salah satu langkah tersebut dapat dilakukan dengan mengadaptasi dan mencoba menduplikasi langkah yang dilakukan News Portal nasional maupun internasional yang sukses dalam menarik minat pembaca untuk berkunjung dan menikmati konten didalamnya. Sebagai contoh, Batam Today bisa memberikan program menarik, seperti kuis berhadiah setiap bulannya untuk menarik minat pembaca untuk terus beraktivitas dan aktif mengunjungi Batam Today.

Batam Today bisa memberikan kuis yang menugaskan para pembaca untuk mengomentari berita yang ada secara objektif dan komparatif sesuai dengan relevansi kondisi yang ada di lapangan. Member teraktif yang terus memberikan komentar positifnya dapat diberikan reward dan hadiah menarik setiap bulannya. Diharapkan langkah ini mampu mendongkrak kunjungan Batam Today, sekaligus memperkenalkan eksistensi Batam Today yang selama ini jarang terdengar di penjuru tanah air.

Selain itu, Batam Today juga harus belajar untuk mengoptimalkan social media yang ada, seperti Facebook dan Twitter. Penulis mengamati bahwa fans page Batam Today di Facebook tidak memiliki aktivitas yang mampu mendorong pengguna Facebook untuk berkunjung ke Batam Today. Diharapkan admin Batam Today dapat mengoptimalkan Facebook Batam Today dengan memberikan kata-kata bijak, link berita, dan kuis interaktif yang membuat masyarakat mengenal bahwa ada News Portal bernama Batam Today yang serius menggarap dan mewujudkan misinya bagi Batam untuk menjadi digital island. Batam Today juga dapat membuat akun Twitter untuk memberikan update berita secara singkat dan lugas pada pengguna Twitter di tanah air.

Secara umum, Batam Today harus belajar untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada di dunia maya untuk dikembangkan dan dijadikan sebuah media efektif untuk mempromosikan Batam Today menjadi lebih baik dari hari ke hari.

E – Ekspansi

Sebagai media online pertama dan terutama di Batam dan Kepulauan Riau, Batam Today harus melakukan ekspansi berarti yang mampu memajukan dan memperkenalkan eksistensi Batam Today di kancah nasional dan internasional. Ekspansi itu sendiri dapat dilakukan dengan mempromosikan Batam Today lewat berbagai media, mulai dari media massa, brosur, stiker, dan menjadikan Batam Today sebagai home page di hotspot-hotspot yang ada di Batam dan Kepulauan Riau.

Batam Today juga dapat melakukan kerja sama dengan pihak pelabuhan ferry, pesawat, dan fasilitas umum lainnya dalam hal booking e-ticket dengan penambahan kolom yang ada di Batam Today. Tentu guna menambah daya tarik, setiap member yang tergabung dalam Batam Today akan mendapatkan potongan harga khusus tiket jika melakukan pemesanan virtual di Batam Today. Diharapkan langkah ini dapat meningkatkan kunjungan dan sisi fungsional Batam Today untuk menjadi media online yang tidak hanya menginformasi, tetapi juga melayani kebutuhan masyarakat dalam melakukan pemesanan tiket fasilitas-fasilitas umum.

S – Social Reporter

Batam Today juga diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat untuk mengembangkan kemampuan jurnalistik masyarakat. Hal ini dapat dilakukan dengan penambahan kolom Social Reporter yang dapat diisi masyarakat dengan bebas untuk menginformasikan kejadian apa saja yang ada di sekeliling mereka untuk dibagikan dan dibaca oleh seluruh pengunjung Batam Today. Tentu Batam Today kini tidak hanya menjadi media online yang berfungsi satu arah, tetapi dapat menjadi News Portal yang memberikan timbal balik dan media komunikasi dua arah yang berarti untuk kemajuan Batam dan Kepulauan Riau.

Tak hanya itu, kehadiran kolom Social Reporter juga diharapkan mampu menjadi media penyambung aspirasi rakyat pada pemerintah secara bebas tanpa adanya tekanan maupun paksaan untuk mengungkapkan gagasan berarti bagi kemajuan Batam dan Kepulauan Riau. Batam Today tidak hanya berfungsi sebagai media berita yang handal, tetapi juga mampu mengaktivasi dan menstimulasi masyarakat untuk ikut ambil bagian menjadi citizen journalism yang handal bagi Batam Today.

T – Terjangkau

Batam Today juga harus menjadi News Portal yang terjangkau. Terjangkau yang dimaksud di sini adalah mampu diakses dari berbagai perangkat elektronik yang ada saat ini. Batam Today dapat mulai mengembangkan aplikasi berita untuk BlackBerry, iPhone, iPad, ponsel Android dan lain sebagainya guna menjangkau semua pengguna internet untuk dapat mengakses dan melihat sejauh mana keunikan dan daya tarik yang dimiliki Batam Today.

Batam Today tentu harus melakukan rekonstruksi website terlebih dahulu agar memiliki tampilan yang “Wah” bagi masyarakat yang pertama kali melihatnya. Batam Today bisa memperbaiki layout yang kurang teratur antara iklan dan kolom berita. Batam Today juga bisa menyelipkan ilustrasi atau karikatur lucu sebagai penghias samping website. Penggantian warga background yang terkesan monoton juga dapat dilakukan agar masyarakat tertarik untuk berkunjung dan membaca berita didalamnya.

Batam Today juga bisa menambah kolom Fiksi, Puisi, Hijau, dan lain sebagainya agar berita yang ditampilkan lebih beragam dan mampu merangkul segmentasi pembaca yang lebih luas. Batam Today dapat memberikan honorarium bagi penulis yan karyanya dimuat dalam rubrik-rubrik khusus tersebut agar banyak pembaca yang tidak hanya menjadi pembaca pasif, tetapi juga aktif dalam mengirimkan tulisan mereka.

Diharapkan keterjangkauan yang dilakukan Batam Today ini mampu membuat Batam Today menjadi media online yang digemari, tidak hanya di kalangan masyarakat Batam dan Kepulauan Riau, tetapi juga masyarakat nusantara pada umumnya.
Langkah BEST yang dilakukan Batam Today diharapkan dapat menjadikan Batam Today sebagai media online di bidang News Portal yang terdepan di Indonesia. Optimalisasi BEST juga diharapkan mampu menggerakkan teknologi informasi yang ada di Batam untuk dikembangkan menjadi digital island yang handal dan memberi kemajuan berarti bagi masyarakat Batam dan Riau. Semoga cita-cita Batam untuk menjadi digital island bukan menjadi utopia belaka, tetapi dapat menjadi sebuah kenyataan dengan adanya BEST dari Batam Today!

Sumber Gambar :
http://www.google.co.id/imgres?q=belajar&um=1&hl=id&biw=1024&bih=466&tbm=isch&tbnid=IYU6bKro1VNlUM:&imgrefurl=http://bisnisukm.com/belajar-dari-sebuah-kesalahan.html&docid=F6BJ3xEgLRtjRM&w=430&h=301&ei=TrtfTvuxG4HMmAWE4eEu&zoom=1&iact=hc&vpx=146&vpy=130&dur=231&hovh=188&hovw=268&tx=194&ty=90&page=1&tbnh=133&tbnw=191&start=0&ndsp=9&ved=1t:429,r:0,s:0
http://www.google.co.id/imgres?q=social+jurnalis&um=1&hl=id&biw=1024&bih=466&tbm=isch&tbnid=lFeShyMTWtd-FM:&imgrefurl=http://www.independensia.com/berita-190-kemdiknas-swasta-diharap-perbanyak-lomba-jurnalis-cilik.html&docid=q7fGz7Jngp1cgM&w=640&h=480&ei=x7tfToeuG4XbmAW804ixAw&zoom=1&iact=hc&vpx=488&vpy=160&dur=118&hovh=194&hovw=259&tx=107&ty=136&page=1&tbnh=159&tbnw=225&start=0&ndsp=8&ved=1t:429,r:6,s:0
http://www.google.co.id/imgres?q=iphone+ipad&um=1&hl=id&biw=1024&bih=466&tbm=isch&tbnid=hxFklM7nhR6pfM:&imgrefurl=http://valentinoandfenny.blogspot.com/2011/05/penawaran-jailbreak-unlock-ipad-ipod.html&docid=VLaxAmqWEb-fnM&w=488&h=350&ei=9LtfTpuiPObHmAWGpuU3&zoom=1&iact=hc&vpx=718&vpy=99&dur=3556&hovh=190&hovw=265&tx=199&ty=123&page=1&tbnh=139&tbnw=194&start=0&ndsp=8&ved=1t:429,r:3,s:0
http://www.google.co.id/imgres?q=batam&hl=id&sa=G&gbv=2&biw=1024&bih=466&tbm=isch&tbnid=dUUFbw3-nSPh9M:&imgrefurl=http://sutikuna.wordpress.com/gallery/&docid=2Et1WLse6Cz_IM&w=500&h=334&ei=d8BfTsuiAtDimAXv57gc&zoom=1&iact=hc&vpx=289&vpy=69&dur=256&hovh=183&hovw=275&tx=178&ty=74&page=2&tbnh=142&tbnw=207&start=8&ndsp=8&ved=1t:429,r:1,s:8

No comments:

Post a Comment