Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Thursday, April 1, 2010

Perjuangan Sang Pemimpi

Lomba Penulisan Pesta Wirausaha 2010
Tema : “Fight, Grow, and Win”

Perjuangan Sang Pemimpi
Oleh. Dede Hermawan

Siapapun yang berkecimpung dalam dunia usaha ingin sukses. Tak ada seorang pun yang ingin gagal atau bahkan bangkrut dalam menjalankan usahanya. Seringkali itulah yang menjadi anggapan kita selama ini. Padahal, dari berbagai kegagalanlah, kita meraih pengalaman berharga yang membantu kita dalam menjalani lika-liku dunia usaha. Orang yang memilih untuk menyerah pada akhirnya tidak akan menjadi wirausahawan sukses. Itulah mental yang saya tanamkan selama bergelut di dunia wirausaha selama 22 tahun.

Pertama kali, saya memulai usaha di bidang penjualan spare part tekstil pada tahun 1988. Waktu itu, pasar dunia sedang ramai dan pembelian spare part laris manis bak kacang goreng. Apalagi kemajuan industri tekstil terjadi pada masa-masa ini, sehingga saya mengambil peluang ini untuk membuka usaha. Saya keluar dari pekerjaan saya sebagai sales dan membuka usaha spare part sendiri di rumah.

Sebagai seorang mantan sales, saya mulai menawarkan produk spare part yang saya beli dari pembuatnya kepada mantan klien saya dulu. Dengan cepat, produk spare part yang saya miliki diminati oleh banyak perusahaan tekstil lokal dan asing. Saya pun dapat membeli mobil dan membiayai berbagai kebutuhan rumah tangga orang tua saya dengan usaha ini.

Tidak ada usaha tanpa kegagalan. Saya pun pernah mengalami kegagalan yang sangat pahit di era Pemerintahan Soeharto. Harga saham yang anjlok membuat sebagian besar perusahaan tekstil gulung tikar. Hal ini juga berdampak pada penjualan spare part. Saya pernah tidak mendapat order hingga satu bulan semenjak peristiwa reformasi 1998 itu. Namun, saya terus mengerahkan promosi barang saya hingga tetap bisa mencukupi kebutuhan hidup keluarga karena pada saat itu saya sudah menikah dan memiliki anak.

Selanjutnya, hubungan saya dengan klien lama yang langgeng membuat usaha saya stabil kembali pasca tragedi ekonomi tahun 1998. Saya menerapkan prinsip 3 M, yakni Mutu, Murah, dan Mimpi. Saya meningkatkan stok produk spare part dan banyak perusahaan baru yang mulai membeli produk saya. Persaingan di dunia wirausaha yang ketat tidak membuat saya down, tetapi bersemangat untuk menjadi yang terbaik.

Sekarang saya dapat menikmati hasil jerih lelah dan keringat saya di dunia wirausaha bukan karena sebuah kebetulan. Hanya tekad, kemauan, dan mimpi saya untuk terus berusaha yang menuntun saya untuk memenangkan persaingan di era global ini. Semoga kisah ini dapat menginspirasi Anda untuk mulai berkecimpung di dunia wirausaha.

Tulisan ini didedikasikan untuk Pesta Wirausaha 2010, dalam rangka Milad 4 TDA.

~ oOo ~

1 comment:

  1. Bagi kawan-kawan yang ingin berbisnis online, inilah kesempatan yang sangat baik untuk melakukanya.Memperkenalkan satu-satunya di Indonesia bisnis yang mampu menghasilkan ratusan juta dengan MUDAH, AMAN, GRATIS dan TERBUKTI MEMBAYAR. Tanpa keluar uang sedikitpun anda
    sudah bisa menjalankan bisnis ini. Wajar jika anda tidak percaya dan menganggap ini menipu, tapi ini BENAR dan JUJUR. Untuk leih jelasnya baca cara kerjanya. Bagaimakah cara kerjanya?? Simak

    selengkapnya disini.Jika anda percaya silahkan mencoba disini.Tapi saya sarankan anda membaca dahulu cara kerjanya disini serta
    cara pendaftaranya disini
    agar anda semakin yakin dan percaya untuk mengikutinya.

    ReplyDelete