Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Friday, April 30, 2010

Belanda : Putaran Kincir Masa Depan

Kompetiblog Studi di Belanda

Belanda : Putaran Kincir Masa Depan
By. Daniel Hermawan

Saat mendengar kata Belanda, yang pertama kali terlintas di benak saya kincir anginnya. Lho kok? Ya, kincir ini digunakan untuk menumbuk biji-bijian, bahkan untuk menimba air. Jika dikaitkan dengan kemajuan bangsa, Belanda memiliki andil yang cukup vital dalam perkembangan masa depan.

Mengapa?
Akan saya jawab dalam SMART.

S - Sociable
Saya terkesan dengan Radio Nederland Wereldomroep yang sudah berkiprah di berbagai negara. Radio ini menjadi bukti bahwa perkembangan ilmu pengetahuan Belanda tak kalah dengan negara maju lainnya.

M - Mind
Belanda adalah negara yang selalu menuntut peserta didiknya untuk berpikir secara logis, analitis, dan kritis. Hampir setiap proses pembelajaran di Belanda 90% melibatkan interaktivitas antar peserta didik. Selebihnya guru hanya memonitoring kinerja peserta didik dan mengarahkannya ke arah yang lebih baik.

A - Ability
Belajar di Belanda tidak memerlukan otak yang super jenius. Anda hanya perlu kreatif dan mengembangkan bakat Anda di sini. Banyak lembaga yang mewadahi potensi besar Anda.

R - Relation
Hubungan antar teman juga multikultural dengan berbagai Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA). Kita dituntut untuk saling menghargai dan mengapresiasi setiap orang. Uniknya, kita bisa punya teman ari berbagai negara.

T - Time
Belanda adalah negara yang sangat menghargai waktu. Tentu kita harus efektif dan efisien dalam menggunakan waktu di Belanda agar kegiatan kita tidak terbengkelai dan menumpuk. Sistem pendidikan yang cukup padat juga perlu disiasati dengan displin waktu.

Wah melihat 5 aspek di atas, rasanya kemajuan ilmu pengetahuan di Belanda sudah tidak perlu diragukan lagi. Belanda seakan menjadi putaran kincir masa depan. Meskipun nama Belanda belum terdengar di blantika pendidikan dunia, saya yakin dengan kualifikasi dan kualitas yang diemban sistem pendidikan Belanda akan menghasilkan lulusan berprestasi dunia. Belanda akan menjadi kincir yang menggerakkan perputaran roda dunia.

Mustahil? Tentu tidak. Karena mungkin kitalah kader-kader lulusan Belanda yang siap dipakai dunia.

~ oOo ~

2 comments: