Life Is A Book - Berbagi inspirasi dan kreasi lewat kata. Mengisi lembaran kehidupan dengan cerita dan kisah. Sebuah kumpulan memoar kehidupan dalam jejak waktu dan ruang. Selamat menjelajah dan menikmati petualangan literasi dalam setiap alurnya - Life Is A Book

Sunday, March 14, 2010

Sekolah : IQ, EQ, dan SQ

Kompetisi Blog IST AKPRIND 2010 Tingkat SMA
Topik : Kegiatan Siswa di Sekolah

Sekolah : IQ, EQ, dan SQ
By. Daniel Hermawan

Aktivitas sekolah saya terbilang cukup padat setiap harinya. Sekolah yang diadakan selama 5 hari dalam seminggu membuat pelajaran yang harus kami ikuti semakin banyak. Hal ini juga membuat banyak PR dan ulangan yang harus kami hadapi setiap minggunya. Tak jarang hal ini membuat siswa merasa jenuh. Sebagian siswa mengikuti bimbingan belajar untuk mengimbangi materi pelajaran yang belum dimengerti di sekolah. Itulah gambaran umum aktivitas sekolah yang dapat dikatakan “favorit” di Kota Kembang.

Setiap hari kami memulai kegiatan belajar mengajar pada pukul 06.30 WIB tepat. Bagi siswa yang terlambat akan dikenakan sanksi berupa squat jump dan push up, juga jika melebihi ketentuan dapat dikenakan skorsing. Kami memulai kegiatan dengan doa pagi yang diadakan secara sentral dan pembacaan renungan pagi. Pelajaran pun dimulai dan diselingi istirahat pada pukul 09.10 WIB dan 12.10 WIB. Kegiatan belajar mengajar berakhir pada pukul 13.50 WIB setiap hari. Bagi siswa yang mengikuti ekstrakurikuler, pukul 15.10 WIB adalah jam pulang sekolah bagi mereka.

Di tengah kesibukan kegiatan belajar mengajar, sekolah saya menyempatkan pengadaan kegiatan tambahan untuk meningkatkan IQ, EQ, dan SQ pelajar. Dari segi IQ, diadakan kegiatan akademis yang berlangsung secara intrakurikuler dan ekstrakurikuler setiap harinya. Dari segi EQ, sekolah saya mengadakan pembinaan karakter dan live in ke rumah penduduk di pedesaan untuk melatih jiwa kepemimpinan siswa. Terakhir, dari segi SQ, sekolah saya mengadakan kebaktian doa pagi setiap harinya, juga kebaktian rutin setiap minggu untuk melengkapi iman dan ketaqwaan siswa pada Tuhan.

Tak jarang sekolah kami mengadakan seminar, kegiatan OSIS, dan program majalah sekolah setiap bulannya. Seminar yang diadakan antara lain seminar tentang pendidikan luar negeri dan sex education. Sementara kegiatan OSIS yang diadakan meliputi pemilihan ketua OSIS secara voting, pesta rakyat (PeRak), Natal, Valentine, Paskah, dan pekan olahraga antar kelas (PORAK). Majalah sekolah yang kami terbitkan adalah Majalah Fokus.

Saya menyadari pemenuhan aspek IQ, EQ, dan SQ di sekolah sudah diterapkan secara intensif untuk melengkapi kehidupan pelajar. Sesuai visi lembaga BPK Penabur “Iman, Ilmu, dan Pelayanan”, sekolah saya sudah melengkapi dan mengamalkan visi secara optimal. Berbagai kegiatan siswa di sekolah ini diharapkan dapat membangun karakter dan kepintaran siswa secara akademis dan non akademis guna menciptakan kader-kader penerus bangsa.

Please visit :
www.akprind.ac.id
http://siblog.akprind.ac.id

~ oOo ~

3 comments:

  1. Sekolah yuk... Btw, mana yang lebih berpengaruh IQ, EQ or SQ?

    ReplyDelete
  2. IQnya sih kebanyakan ditonjolkan di sekolah. Kalo yang lainnya cuma sedikit-sedikit. Tapi kalau pengaruh sih EQ sama SQnya. Kan mengukur seberapa besar kita bisa bergaul sama orang lain. Hehe...

    ReplyDelete
  3. keren ya sekolahnya.. seragamnya bagus ^^

    ReplyDelete